DEBBI AFRIANTI, 13210055 (2018) KONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM PERSPEKTIF MUHAMMAD SUWAID. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
DEBBI AFRIANTI (13210055).pdf Download (6MB) |
Abstract
Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dan utama bagi anak, dalam kehidupan anak tentunya keluarga merupakan tempat yang sangat vital. Anak-anak memperoleh pengalaman pertamanya dari keluarga. Dalam keluarga peranan orang tua sangatlah penting. Mereka merupakan contoh bagi anak. Ketika orang tua melakukan sesuatu anak-anak akan mengikuti orang tuanya, baik itu sifat baik dari orang tua maupun sifat buruk dari orang tuanya. Hal ini disebabkan anak dalam masa meniru. Setiap orang tua mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mendidik anak- anaknya. Mereka mempunyai suatu gaya atau tipe-tipe tersendiri dalam mendidik anaknya. Dan tentunya gaya-gaya tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Oleh karena itu lingkungan keluarga sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam penelitian ini, peneliti akan membahas penelitian yang berjudul “Konsep Pendidikan Anak dalam Perspektif Muhammad Suwaid”. Agar orang tua atau calon orang tua mengetahui betapa pentingnya pendidikan dalam sebuah keluarga. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi; 1) Bagaimana konsep pendidikan anak perspektif Muhammad Suwaid?, 2) Bagaimana Relevansi Konsep Pendidikan Anak Menurut Muhammad Suwaid dengan Perkembangan Pendidikan Anak saat ini?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikan anak menurut Muhammad Suwaid, 2) Untuk mengetahui bagaimana relevansi pendidikan anak menurut Muhammad Suwaid dengan perkembangan pendidikan saat ini. Penelitian ini merupak penelitian pustaka (Library research) yang bahan atau data-data penyusunan skripsi ini diperoleh dengan kumpulan dari buku-buku jurnal, surat kabar, majalah dan catatan lainnya yang dinilai mempunyai hubungan topik yang sedang dibahas. Mengklasifikasikan literaturr-literatur tersebut untuk dijadikan sebagai sumber primer ataupun sekunder. Setelah itu dilakukan penelaahan yaitu dengan cara membaca, mempelajari atau mengkaji literatur-literatur yang mengemukakan masalah-masalah yang berkaitan dengan penelitian. Pendidikan di dalam keluarga sangat penting dalam menciptakan generasi yang Islami. Dalam hal ini, Muhammad Suwaid mengemukakan beberapa konsep dalam mendidik anak yaitu, pertama Teladan yang baik, kedua Waktu yang tepat untuk memberikan bimbingan (Waktu berwisata, ketika dalam perjalanan dan ketika di atas kendaraan, Waktu makan, Ketika anak sedang sakit), ketiga Bersikap adil dan sama terhadap sesama anak, keempat Memenuhi hak-hak anak, kelima Mendo‟akan anak, keenam Membelikan mainan, ketujuh Membantu anak untuk berbuat baik dan patuh, kedelapan jangan mencela.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 07:43 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 07:43 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2632 |
Actions (login required)
View Item |