PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN BANGSA NEGARA KABUPATEN OKU TIMUR

Dedek Yunita, 14 27 0015 (2018) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLENG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS III MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN BANGSA NEGARA KABUPATEN OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
DEDEK YUNITA (14270015).pdf

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas III di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur”. Penelitian ini membahas tentang pengaruh permainan tradisional engkleng terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan tradisional engkleng terhadap pemahaman konsep siswa kelas III A dan kelas kelas III B. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan permainan tradisional engkleng pada mata pelajaran matematika Kelas III di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur? (2) Bagaimana pemahaman konsep siswa yang menerapkan dan tidak menerapkan permainan tradisional engkleng pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur? (3) Apakah ada pengaruh penerapan permainan tradisional engkleng terhadap pemahaman konsep siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur? Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian eksperimen tipe True-Experimental Design bentuk The Posttest Control group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa Kelas III dimana sampel dipilih secara Cluster Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III A yang berjumlah 20 siswa dan siswa Kelas III B yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan, observasi, wawancara, tes Post Test dan dokumentasi. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan TSR dan uji “t” Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) pelaksanaan permainan tradisional engkleng di SDN Bangsa Negara OKU Timur dikatagorikan baik. (2) Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 72,75 sedangkan nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,73. (3) Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji “t” diperoleh dalam perhitungan ( = 3, 84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel ( = 2, 02) dan ( = 2,71) maka dapat diketahui bahwa lebih besar ; yaitu 2,02<3, 84>2,71. Karena lebih besar dari maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh permainan tradisional engkleng terhadap pemahaman konsep siswa Kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN Bangsa Negara OKU Timur. Kata Kunci: Permainan Engkleng, Pemahaman Konsep, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:43
Last Modified: 14 Feb 2019 07:43
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item View Item