KORELASI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG

Nurul Atika, NIM. 13270083 (2017) KORELASI STRATEGI RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Nurul Atika (13270083).pdf

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Kreativitas belajar merupakan suatu tuntutan pendidikan yang sangat penting pada saat ini. Kreativitas mempunyai ciri aptitude dan non-aptiude. Strategi pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah strategi reciprocal teaching. Sekolah yang menjadi tempat penelitian adalah Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, Bagaimana Kreativitas Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah diterapkan Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, dan Bagaimana Korelasi Antara Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV A Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, untuk mengetahui Kreativitas Belajar Siswa Sebelum dan Sesudah diterapkan Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak kelas IV A di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islami Palembang, dan untuk Korelasi Antara Penerapan Strategi Reciprocal Teaching terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV A Di Madrasah Ibtidaiyah Mahad Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen Pre-experimental design (non design) bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa di kelas IV. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa Angket. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket yang berjumlah 10 dari indikator kreatvitas belajar . Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Product Moment. Hasil penelitian telah kita peroleh df sebesar 15 diperoleh r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,482. Sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,606. Dengan demikian maka 0,606<0,952>0,482. Ternyata r xy atau r o (yang besarnya= 0,952) jauh lebih besar dari pada r tabel (yang besarnya 0,606 dan 0,482). Karena r o lebih besar dari pada r tabel maka Hipotesis Alternatif (H a ) diterima yang berbunyi H a : Terdapat korelasi yang signifikan antara strategi reciprocal teaching terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Mahad Islamy Palembang. Hipotesis Nol (H o ) ditolak yang berbunyi H o : Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara strategi reciprocal teaching terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IV A di Mahad Islamy Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:47
Last Modified: 14 Feb 2019 07:47
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item View Item