Septiana, Lesta (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE SIMULASI DI MADRASAH IBTIDAIYAH PANGERAN AJI MENANGA. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Simulasi Di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga. Ada pun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Hasil Belajar siswa sebelum Penggunaan Metode Simulasi pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga? 2) Bagaimana Penggunaan Metode Simulasi Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga? 3) Bagaimana Hasil Belajar Siswa Sesudah Penggunaan Metode Simulasi pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga? Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel X penerapan metode simulasi dan variabel Y hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Tekhnik pengumpulan data menggunakan pretest dan post test dalam setiap pertemuan, pretest dilakukan sebelum penerapan metode simulasi tentang sifat dan perubahan wujud benda, sedangkan post test dilakukan setelah diterapkannya metode simulasi tentang sifat dan perubahan wujud benda. Tekhnik analisis data menggunakan rumus statistik tes “t” untuk dua sampel kecil (N kurang dari 30) yang saling berhubungan. Nilai tes hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode simulasi pada post test meningkat atau lebih baik jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode simulasi pada tes awal (pre test). Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to =31,66) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2, 06 dan ttts1% = 2,78) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt yaitu 2,06<31,66>2,78. Karena to lebih besar daripada tt maka adanya perbedaan nilai tes hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan metode simulasi pada mata pelajaran IPA materi sifat dan perubahan wujud benda, merupakan perbedaan yang berarti atau perbedaan yang menyakinkan (signifikan). Dan berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Aji Menanga materi sifat dan perubahan wujud benda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar, Metode Simulasi, perubahan wujud benda. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 03:46 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:38 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/267 |
Actions (login required)
View Item |