KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG

ADI PURNOMO, NIM. 14270001 (2018) KORELASI ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NEGERI 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ADI PURNOMO (14270001).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Keterampilan guru dalam meneglola kelas merupakan salah satu keterampilan guru yang sangat penting dan harus di miliki oleh setiap guru. Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru dalam memelihara kondisi belajar yang optimal. Hasil belajar siswa adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah memulai kegiatan belajar. Karena belajar itu sendiri merupakan suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu proses dari seseorang yang berusaha untuk memperoleh suatu bentuk perubahan prilaku yang relative menetap. Mengacu pada uraian di atas penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Korelasi Antara Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 5 di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 2 Model Palembang” Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, berupa perhitungan statistik dari data dari hasil angket dan tes pada ranah koognitif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumberdata primer dan skunder. Sumber data primer di peroleh dari guru dan siswa sedangkan sumber data skunder diperoleh dari data sekolah. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VA-VF dan sampel penelitian ini yaitu kelas VD. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, Dokumentasi, angket dan Tes. Data yang terkumpul di hitung menggunakan rumus statistik Product Moment Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: Pengelolaan kelas di kelas VD yaitu termasuk dalam kategori sedang. Hal ini terlihat dari perhitungan statistik di peroleh data kategori sedang berjumlah 24 responden atau 64,86%, sedangkan responden yang termasuk dalam kategori tinggi berjumlah 5 responden atau 13,51% dan 8 responden di kategorikan rendah dengan persentase 21,62%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengelolan kelas pada kelas VD di MIN 2 Model Palembang tergolong sedang dengan persentase (64.86%) sebanyak 24 responden dari total responden yang berjumlah 37. Hasil belajar siswa kelas VD pada mata pelajara IPS di MIN 2 Model Palembang dari 37 siswa yang termasuk dalam kategori tinggi berjumlah 9 siswa atau (24,32%), yang termasuk dalam kategori sedang berjumlah 25 siswa atau (67,57%), dan yang termasuk dalam kategori rendah berjumlah 3 siswa atau (8,11%). Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 2 Model Palembang termasuk dalam kategori sedang, karena dari 37 siswa sebanyak 25 siwa di kategorikan sedang dengan persentase 67,57%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapatkan nilai r xy atau t hitung > nilai r tabel untuk α 5% dan α 1% atau 0,325<0,465>0,418 sehingga H o : ≤ 0 ditolak dan Ha : > 0 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara antara pengelolaan kelas dengan hasil belajara pada mata peljaran IPS di MIN 2 Model Palembang. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas Dan Hasil Belajar,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:49
Last Modified: 14 Feb 2019 07:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2678

Actions (login required)

View Item View Item