HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PENILAIAN SIKAP SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 TELUK GELAM

Agus Salim, Nim. 14210265 (2018) HUBUNGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PENILAIAN SIKAP SISWA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 TELUK GELAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Agus Salim (14210265).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu, kebanyakan guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Teluk Gelam dalam menilai sikap siswa tidak sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013, kebanyakan guru dalam menilai tidak memperhatikan bagaimana cara penilaian sikap kurikulum 2013, ada 8 instrumen yang perlu dinilai, tapi di sini guru tidak menilai semua instrument di atas melainkan langsung memberikan penilaian akhir tanpa melihat prosesnya terlebih dahulu. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Teluk Gelam? Bagaimana penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teluk Gelam? Bagaimana hubungan kompetensi professional guru terhadap penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teluk Gelam? Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Teluk Gelam, untuk mengetahui penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1Teluk Gelam, untuk mengetahui bagaimana hubungan kompetensi professional guru terhadap penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teluk Gelam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jenis data kuantitatif yaitu data berkenaan dengan kompetensi professional guru dan penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013. Sumber data primer adalah kepala sekolah, guru sebagai sampel penelitian dan siswa. Sedangkan sumber data sekunder adalah tenaga administrasi, buku-buku dan dokumentasi sekolah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar kelas X di SMA Negeri 1 Teluk Gelam yang berjumlah 17 guru yang terdiri dari guru honorer dan guru yang sudah sertifikasi. Data diperoleh dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Terlebih dahulu data dikumpulkan, kemudian direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik yaitu dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase, serta Product Moment. Hasil penelitian ini adalah : pertama, kompetensi professional guru di SMA Negeri 1 Teluk Gelam dikategorikan sedang atau baik karena dari 17 responden terdapat 10 responden yang menyatakan sedang besar (58,82%). Kedua, penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teluk Gelam dikategorikan sedang atau baik karena dari 17 responden terdapat 8 responden yang menyatakan sedang atau sebesar (47,05%). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara kompetensi professional guru dengan penilaian sikap siswa berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Teluk Gelam. Berdasarkan hasil analisa statistik bahwa “r” tabel (Product Moment) 0.768 lebih besar dari pada r hitung pada taraf signifikasi 5% (0,482) dan lebih besar dari taraf signifikasi 1% ( 0,606).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:49
Last Modified: 14 Feb 2019 07:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2683

Actions (login required)

View Item View Item