Pengaruh Penerapan Model Active Learning tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah 1 Palembang

Ahmad Roihan Ismail, NIM. 1221 00 16 (2017) Pengaruh Penerapan Model Active Learning tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah 1 Palembang. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Ahmad Roihan Ismail (12210016).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Dalam proses pembelajaran, seorang guru harus pandai dalam memilih model, strategi, metode dan media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi kepada siswa serta dapat memberikan suatu pengalaman belajar yang bermakna sehingga siswa lebih aktif dan mampu menerapkan apa yang telah diperolehnya dari proses pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berjudul Penerapan Model Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun masalah dalam penelitian ini yang pertama, Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh Sebelum Penerapan Model Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) di MA Muhammadiyah 1 Palembang? Kedua, Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh Sesudah Penerapan Model Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) di MA Muhammadiyah 1 Palembang? Ketiga, Apakah Ada Pengaruh Penerapan Model Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing (Berbagi Pengetahuan Secara Aktif) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan skunder. Data primer adalah siswa kelas XI sebagai sampel sedangkan data skunder adalah data yang berasal dari dokumentasi dan buku-buku yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengn rumus uji-t. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fiqh sebelum penerapan model Active Learning tipe Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) tergolong dalam katogori sedang yaitu sebanyak 21 siswa (61,76%). Kedua, motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fiqh sesudah penerapan model Active Learning tipe Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) tergolong dalam katogori tinngi yaitu sebanyak 14 siswa (41,17%). Ketiga ada pengaruh yang signifikan antara penerapan model Active Learning tipe Active Knowledge Sharing (berbagi pengetahuan secara aktif) terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Fiqh di MA Muhammadiyah 1 Palembang. Hal ini terlihat bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikasi 5% dan 1%, yaitu 14,00 > 1,692 atau 14,00 > 2,444. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:49
Last Modified: 14 Feb 2019 07:49
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2687

Actions (login required)

View Item View Item