PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TARIKH ISLAM KELAS X DI SMA 1 ‘AISYIYAH PALEMBANG (Skripsi)

Handoko, Handoko (2016) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TARIKH ISLAM KELAS X DI SMA 1 ‘AISYIYAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
HANDOKO_TarPai.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang digunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Pemilihan dan penggunaan metode yang tepat dapat mempenggaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis mencari informasi tentang penerapan metode bermain peran (Role playing) Terhadap hasil belajar siswa pada materi tarikh islam kelas X di SMA Asyiyah 1 Palembang. Hal ini di dasari oleh pengamatan awal penulis melihat hasil belajar siswa pada materi tarikh islam siswa kelas X yang homogen/relatif sama. Adapun tujuan peneliitian yang peulis lakukan adalah untuk mendapatkan informasi apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diterapkan dan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode bermain peran (Role playing) pada materi tarikh islam di kelas X di SMA Asyiyah 1 Palembang. Populasi dalam peneliitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 144 orang. Dari jjumlah populasi tersebut penulis menentukan sampel dengan mengambil X.2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 38 orang. Untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat dalam penelitian ini, penulis menggunakan alat pengumpul data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang di dapat hasil post test di analisa dengan menggunakan rumus statistik berupa rumus Uji-t. Setelah dilakukan analisa data, penulis mendapatkan informasi bahwa Berdasarkan hasil perhitungan pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 76,29, varians 79,33, simpangan baku 8,91, modus 82,75 dan uji normalitas -0,71 yang berdistribusi normal. Sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata 63,27, varians 79,33, simpangan baku 9,30, modus 68,1 dan uji normalitas -0,44 yang berdistribusi normal. Selanjutnya, hasil pengujian yang dilakukan pada analisis data post test didapat harga Fhitung =1,089 Fhitung yang telah diperoleh dibandingkan dengan Ftabel yaitu pada taraf signifikan 5%=1,890 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung≤ Ftabel. Hal ini berarti terima H0 menunjukkan bahwa kedua data kelompok tersebut homogen. Jadi analisis hasil perhitungan dengan rumus uji-t pada soal post test diperoleh harga thitung sebesar 6,11 kemudian dikonsultasikan dengan harga ttabel dengan df = (n1+n2)-2= (38+35)-2= 71 dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,99 Setelah dikonsultasikan ternyata thitung > ttabel atau 6,11 > 1,99. Hal ini bearti HO ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: peran (Role playing) Terhadap hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Apr 2016 02:08
Last Modified: 18 Apr 2016 02:08
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/272

Actions (login required)

View Item View Item