PENGARUH ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 158 PALEMBANG

Astri Dwi Ambarwati, NIM. 14270008 (2018) PENGARUH ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 158 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Astri Dwi A. (14270008).pdf

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Hasil belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam skor yang diperoleh dari hasil tes mengenal sejumlah materi pelajaran tertentu. Dalam pembelajaran, hasil belajar yang baik bisa didapatkan dengan berbagai macam penggunaan alat peraga diantaranya alat peraga puzzle. Alat peraga ini berfungsi untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika yang rumit dan menciptakan pembelajaran yang aktif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran di kelas yang menggunakan alat peraga Puzzle, bagaimana hasil belajar siswa dikelas yang menggunakan alat peraga dan kelas yang tidak menggunakan alat peraga, apakah ada pengaruh alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dikelas yang menggunakan alat peraga, mengetahui hasil belajar siswa dikelas yang menggunakan alat peraga dan kelas yang tidak menggunakan alat peraga, dan mengetahui pengaruh alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen Tru experiment design dengan jenis the posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III SDN 158 Palembang dan pengambilan sampel dilakukan dengan cara probability sampling dengan jenis sampel simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data dianalisis menggunakan Mann Whitney dengan taraf signifikasi 5% apabila Z hitung < Z tabel H 0 yang berbunyi : “tidak ada pengaruh alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa” diterima dan H 1 ditolak. Apabila Z hitung > Z tabel maka H 0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh kesimpulan bahwa tidak ada pengaruh alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika di SDN 158 Palembang. Berdasarkan data hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen adalah 77,1 sedangkan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol adalah 72,1. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis menggunakan uji Mann Whitney di dapat Z hitung 0,1052 dan Z tabel pada uji 2 arah dengan a = 5% yaitu 1,96, karena Z hitung ˂ Z tabel maka H 0 diterima dan H 1 ditolak dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran matematika materi bangun datar di SDN 158 Palembang. Kata kunci: Alat peraga puzzle, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:57
Last Modified: 14 Feb 2019 07:57
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item