PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi)

Istiqoma, Fitria (2016) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I-III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-V.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di MI Muhajirin Palembang, untuk mengetahui apakah penerapan metode problem solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pecahan di MI Muhajirin Palembang, sebelum dan sesudah tindakan pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode Problem Solving. Adapun pengambilan sampel dalam penelitian ini, penulis hanya mengambil kelas III sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 22 siswa berdasarkan stratified random sampling . Untuk mendapatkan data, penulis melakukan eksperimen terhadap kelas eksperimen dengan memberikan tes. Jadi teknik yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah rumus tes ”t” untuk sampel kecil yang saling berhubungan. Dari hasil penelitian ini yaitu hasil observasi menunjukan penerapan metode Problem Solving pada Mata Pelajaran Matematika tergolong baik. Hasil belajar siswa pada post-test mangalami peningkatan skor mean jika dibandingkan dengan pre-test yaitu 49 meningkat menjadi 86,93 post-test. Sedang untuk uji pertbandingan yang didapatkan kesimpulan setelah membandingkan besarnya t yang diperoleh dalam hitungan (to = 15,47) dan besarnya t yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts.5% = 2,08 dan tt.ts.1% = 2,83) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar daripada tt ; yaitu 2,08 < 15,47 > 2,83 Jadi, karena to lebih besar daripada tt maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa ada pengaruh penenerapan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa Kelas III di Mi Muhajirin Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode problem solving, hasil belajar siswa, stratified random sampling.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Apr 2016 04:25
Last Modified: 18 Apr 2016 04:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item