KONSEP SYUKUR DALAM QUR’AN SURAH IBRAHIM AYAT 7 DAN UPAYA PENGEMBANGAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

BILI PRATAMA, NIM. 13210053 (2017) KONSEP SYUKUR DALAM QUR’AN SURAH IBRAHIM AYAT 7 DAN UPAYA PENGEMBANGAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BILI PRATAMA (13210053).pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Syukur adalah ungkapan rasa terima kasih kepada yang memberikan nikmat, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum bias mengimplementasikan daripada nilai syukur itu sendiri salah satu fakta yang terjadi di lapangan banyak siswa setelah pengumuman kelulusan mereka mencoret pakaian mereka dan hal ini tidak sesuai dengan makna syukur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep syukur yang terkandung dalam Qur‟an Surah Ibrahim ayat 7, bagaimana upaya pengembangan konsep syukur dalam qur‟an surah Ibrahim ayat 7 dan upaya pengembangan dalam perspektif Pendidikan Islam Penulisan skripsi ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library research) dimana peneliti menggunakan analisis Deskriptif Kualitatif. Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah dengan kajian secara pustaka mengumpulkan data dengan data skunder dan data primer, data primer adalah buku-buku yang berkaitan dengan syukur dan pendidikan Islam sedangkan data sekunder adalah data penunjang seperti buku yang berkaitan dengan syukur dan pendidikan Islam. Upaya yang dilakukan dalam pengembangan konsep syukur yang terkandung dalam QS. Ibrahim ayat7 dalam prespektif pendidikan Islam adalah menanamkan nilai jujur kepada peserta didik sebaik mungkin yaitu dengan memeberikan tugas harian dan ujian tanpa di awasi oleh guru.Menanamkan semangat berjuang dan berkorban dengan cara memberikan motivasi baik berupa motivasi kata-kata seperti kata man jadda wajada.Menanamkan pemahaman tentang Ikhlas dan Ridha kepada peserta didik yaitu dengan cara mengarahkan kepada peserta didik untuk selalu belajar, kemudian mengarahkan kepada peserta didik untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah.Memberikan tauldan tentang pentingnya berterimasih kepada peserta didik dengan cara saling mengahrgai pendapat satu sama lain dan guru menggunakan metode diskusi dalam proses pemebajaran agar terjalin pemebelajaran bersama serta menggunakan model pembelajaran PAIKEM. Membiasakan kepada siswa untuk menyibukkan diri yaitu dengan cara mewajibkan kepada siswa membaca Qur‟an dankultum, sertasholat berjamaah di Sekolah. Kemudian meningkatkan kedisiplinan siswa dari berbagai aspek serta meningkatkan kegiatan Exstrakulikuler di Sekolah agar para peserta didik mampu mengembangkan kemampuan mereka sesuai dengan potensi yang mereka miliki yang diawasi langsung oleh pendidik itu sendiri.Itulah upaya yang dilakukan dalam pengembangan KonsepSyukur yang terkandung dalam QS.Ibrahim ayat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:58
Last Modified: 14 Feb 2019 07:58
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2771

Actions (login required)

View Item View Item