PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG

NOVIRA, NIM. 13270088 (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
NOVIRA (13270078).pdf

Download (8MB)
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul“ Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang “. Dimana rumusan masalah yang Pertama,Bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas V MI 1 Teladan Palembang ? Kedua,Bagaimana hasil belajar siswa sesudah penerapan pendekatan saintifik pada siswa keas VMI 1 Teladan Palembang ? Ketiga, Apakah ada pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas V MI 1Teladan Palembang ? Dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA di kelas V MI 1Teladan Palembang. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sumber data diperoleh dari data primer dan data skunder yang dikumpulkan dengan menggunakan metode,observasi, tes,dokumentasi. Kemudian tehnik analisis datanya observasi, soaltes, dan dokumentasi, teknik analisis data ini terdapat uji statistik produk moment.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, Hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA sebelum menerapkan pendekatan saintifik dengan nilai pretes kategori yang tinggi dilihat dari nilai 55 berjumlah 16 orang, sedangkan nilai sedang 54 berjumlah 5 orang, dan yang tergolong rendah dilihat dari nilai 50 berjumlah 7 orang. Pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan Rxy (product moment), bahwa t o lebih besar dari pada t t , yaitu: 0,374<0,968>0,478, dengan demikian bahwa H 0 ditolak dan H a diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penerapanpendekatan saintifikterhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA materi Organ tubuh manusia dan hewan. di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Teladan Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:59
Last Modified: 14 Feb 2019 07:59
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item View Item