PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi)

Sari, Karmila (2016) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAJIRIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 2.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 3.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 4.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 5.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Muhajirin Palembang. Jenis penelitian dalam skripsi ini ialah jenis penelitian true eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 28 orang yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan test. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test ”t”. Dari analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan yaitu: pertama hasil belajar siswa Kelas Eksperimen yang diberikan penguatan (reinforcement) hasil belajar sangat meningkat terlihat dari siswa tergolong sedang dengan presentase 64 % sebanyak 9 siswa. Sedangkan hasil belajar siswa Kelas Kontrol yang tidak diberikan penguatan (reinforcement) hasil belajar tidak meningkat terlihat dari siswa tergolong sedang dengan presentase 50 %. Sebanyak 7 siswa. Kedua pemberian penguatan (reinforcement) dapat meningkatkan hasil belajar IPA, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan t yaitu: perhitungan (to = 3,144) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (ttts5% = 2,06 dan ttts1% = 2,78) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar dari pada tt yaitu 2,06 < 3,144 > 2,78. Karena to lebih besar dari pada tt maka adanya perbedaan nilai tes hasil belajar siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: penelitian true eksperimental, Penguatan (Reinforcement), Meningkatkan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Apr 2016 08:39
Last Modified: 18 Apr 2016 08:39
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item