STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PUSRI PALEMBANG

EKA LESTARI, NIM. 13290026 (2018) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR PUSRI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
EKA LESTARI (13290026).pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prilaku siswa yang kurang disiplin, kemudian masih ada siswa yang tidak menggunakan atribut lengkap, masih ada siswa yang berkeliaran di sekolah saat jam pelajaran, dan masih ada guru yang sering terlambat datang ke sekolah. Padahal kalau dilihat dari aspek kurikulum SD Pusri Palembang telah menerapkan kurikulum berbasis karakter. Maka peneliti tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai strategi kepala sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi kepala sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di sekolah dasar pusri Palembang dan apa sajakah factor yang mempengaruhi strategi kepala kepala sekolah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam menanamkan pendidikan karakter di sekolah dasar pusri Palembang dapat dilakukan melalui sosialisasi, adapun dalam mensosialisasikan nilai karakter kepala sekolah melakukan rapat dengan guru, wali siswa dan peserta didik sehingga dalam pelaksanaannya diharapkan warga sekolah dapat menerima dan memahami tujuan sekolah. Kemudian dalam mengembangkan kapasitas kepala sekolah memberikan kesempatan kepada tenaga pendidik untuk mengikuti workshop. Dalam pelaksanaannya guru lebih dituntun untuk menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik melalui pembiasaan, kegiatan rutin maupun kegiatan terprogram hal ini diharapkan nilai-nilai karakter dapat tertanam pada diri peserta didik dan yang terakhir monitoring dan evaluasi, dalam memantau perkembangan pendidikan karakter kepala sekolah dibantu oleh wali kelas masing-masing melalui buku penghubung kemudian hasilnya akan dibawah ke rapat rutin untuk mengevaluasinya. Adapun factor pengaruh tujuan pendidikan dalam suatu proses kegiatan pembelajaran, ketaatan peserta didik dalam mematuhi tata terti sekolah, kerjasama tenaga kependidikan dan adanya fasilitas yang memadai. Kata kunci: Strategi, kepala sekolah dan pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:04
Last Modified: 14 Feb 2019 08:04
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2853

Actions (login required)

View Item View Item