PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

DIAN PUTRI LESTARI, NIM.14290026 (2018) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS FULL DAY SCHOOL DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
DIAN PUTRI LESTARI 14290026 .pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Full Day School Di SMA Negeri 3 Palembang”. Penelitian ini di latar belakangi dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan zaman dalam bidang pendidikan. Salah satu langkah peningkatan hasil pendidikan tersebut adalah dengan pengelolaan pembelajaran yang baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Seiring dengan peningkatan mutu pendidikan, sekarang sebagian besar sekolah di Indonesia sedang menerapkan program full day school. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan perkembangan intelektual, emosional, spiritual dan kreativitas siswa serta dapat memenuhi kebutuhan pendidikan dimasa sekarang dan mendatang. Sehingga dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Palembang telah menerapkan program full day school. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaiamana pengelolaan pembelajaran berbasis full day school di SMA Negeri 3 Palembang serta faktor apa saja yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran berbasis full day school di SMA Negeri 3 Palembang. Jenis penelitian ini yaitu Field research dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pengelolaan pembelajaran berbasis full day school di SMA Negeri 3 Palembang yang mana dalam penelitian ini membahas mengenai pengelolaan pembelajarannya sudah melakukan pengelolaan pembelajaran dan menjalankan program full day school secara efektif yang mana semua langkah-langkah yang telah ditetapkan pemerintah sudah dijalankan dengan semestinya, seperti perencanaan pembelajaran, kemudian dalam pelaksanaan pembelajaran full day school dilaksanakan dalam lima hari dan dalam langkahlangkah kegiatan pembelajaran yang telah ditetapkan pemerintah telah dilaksanakan sesuai aturan mulai dari kegiatan pra pembelajaran, inti dan penutup dan evaluasi pembelajaran. Kegunaan dengan adanya pengelolaan pembelajaran full day school ini yaitu untuk mengatur atau menata suatu kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Adapun faktor yang mempengaruhi pengelolaan pembelajaran berbasis full day school di SMA Negeri 3 Palembang adalah kesiapan SDM dalam pembelajaran full day school sehingga dapat menciptakan suasana belajar menyenangkan dan pengelolaan pembelajaran dapat berhasil, kemudian sarana dan prasarana yang mendukung dalam memfasilitasi kegiatan pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran full day school yang kreatif dan bervariatif. Kata kunci: Pengelolaan pembelajaran Berbasis Full Day School

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan pembelajaran Berbasis Full Day School
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:20
Last Modified: 14 Jun 2019 06:20
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2878

Actions (login required)

View Item View Item