IBRAHIM, NIN. 13210115 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 36 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
IBRAHIM (13210115).pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan proses belajar mengajar di SMP Negeri 36 Palembang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam hanya menggunakan Metode ceramah dan hafalan yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah serta terlihat tidak terlalu aktif dan lebih sering bermain di kelas saat pembelajaran berlangsung. Melalui hasil penerapan ini bahwa Media Presentasi dapat meningkatkan keinginan siswa untuk bersemangat dalam belajar. Tujuan dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak dimengunakan Media Presentasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII materi Prilaku Tercela di Smp Negeri 36 Palembang, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan Media Presentasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII materi Prilaku Tercela di Smp Negeri 36 Palembang, dan perbedaan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII materi Prilaku Tercela di Smp Negeri 36 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu penuturan pemecahan masalah berdasarkan data yang berupa angka. Dari segi metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode ini dalam pemecahan masalahmya adalah dengan cara mengungkapkan hubungan sebab akibat dua variabel atau lebih melalui percobaan yang cermat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji “t”. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut, dari hasil penelitian yang telah dilakukan di Smp Negeri 36 Palembang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maka bisa disimpulkan, bahwasannya penggunaan Media Presentasi pada materi Prilaku Tercela berpengaruh pada kelas eksperimen serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa, terlihat secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa menggunakan Media Grafis (poster), yakni : tt t.s 5 % < to > tt t.s 1 %, atau 2,00 7,491 2,65, ini berarti hipotesis Alternatif baik dilihat dari ditolaknya hipotesis nihil yang diajukan. Dengan demikian hal ini sesuai dengan hasil dari peneliti lakukan dan sudah di uji dengan uji “t”, dan ini juga terbukti dengan adanya kelas kontrol, yang mana kelas kontrol ini sebagai pembanding.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 06:21 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 06:21 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2894 |
Actions (login required)
View Item |