PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

Muhamad Kurniawan, NIM. 14270075 (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Muhammmad Kurniawan (14270075).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penerapan media film animasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Munawariyah Palembang. Alasan peneliti membahas masalah ini adalah hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS kelas IV di MI Munawariayah Palembang masih tergolong renda sehingga peneliti ingin berusaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media film animasi dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana penerapan media film animasi dalam pembelajaran IPS di MI Munawariyah Palembang?. 2) Bagaimana hasl beljar siswa dengan menggunakan media film animasi dalam pembelajaran IPS di MI Munawariyah Palembang?. 3) bagaiman pengaruh media film animasi pada pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswakelas IV di MI Munawariyah Palembang ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. True Eksperimental Designsbentuk Only Posttes design. Teknik yang digunakan oleh peneliti ini adalah observasi, wawancara, tes (post test), dan okumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu kelas IV yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Sedangkan teknik analis data yang digunakan adalah uju tes “t”. Hasil penelitian ini menunjukkan temuan sebagai berikut. Pertama, penerapan media film animasi dilaksanakan praktek langsung 3 kali pertemuan dengan materi masalah-masalah sosial dilingkungan setempat yang dapat dilihat melalui observasi guru kelas ketika peneliti melakukan penelitian. Kedua , hasil belajar sebelum dan sesudah penerpan media film animasi mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa pada saat posttest kels kontrol denga nilai yaitu yang tergolong kategori nilai tertinggi sebanyak 6 orang siswa (20%) nilai sedang sebanyak 20 orang siswa (66,66%), nilai rendah sebanyak 15 orang siswa (15%) sedangkan pada posttest kelas exsperimen yang tergolong kategori nilai tertinggi 11 orang siswa (36,66%), nilai sedang sebanyak 14 orang siswa (46,66%) nilai rendah 8 orang siswa (26,66%), ketiga, Uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji “t” didapatkan kesimpulan besarnya t yang diperoleh dalam penghitungan (t0 = 10,248) dan besarnya t yang tercantum pada tabel tt.ts.5%=2,01 dan tt.ts.1%=2,68% maka dapat diketahui bahwa t0 lebih besar dari pada tt yaitu 2,01<10,248>2,68. Dengan demikian dari uji hipotesa penelitian diatas dapat disimpilka bahwa H0 yang diajukan ditolak. Ini berarti Ha diterima, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan media film animasi terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di MI Munawariah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:22
Last Modified: 14 Jun 2019 06:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2914

Actions (login required)

View Item View Item