HUBUNGAN KEMAMPUAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Falgeta, NIM. 14210066 (2018) HUBUNGAN KEMAMPUAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Falgeta (14210066).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Kemampuan diri merupakan kecakapan setiap individu untuk menyelesaikan pekerjaanya atau menguasai hal-hal yang ingin dikerjakan, dan dapat dilihat dari tindakan tiap-tiap individu untuk mencapai target hasil belajar dengan hasil yang maksimal dan dapat diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan di dalam proses belajar. Hasil belajar tampak sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa, yang dapat diamati dan diukur dalam bentuk perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan terjadinya peningkatan dan perkembangan yang lebih baik dibanding dengan sebelumnya. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan diri siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1, bagaimana hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, dan adakah hubungan antara kemampuan diri dengan hasil belajar siswa kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPA di SMA Muhammadiyah 1 Palembang sebanyak 270 siswa dan populasi tersebut diambil yaitu 34 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi, dan skala. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan statistik angka dan skor. Selanjutnya diolah dengan proses pemindahan data dalam bentuk tabel frekuensi. Setelah semua data terkumpul kemudian dianlisis dengan menggunakan rumus TRS, Presentase, dan Korelasi Product Moment. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan diri siswa dalam aspek mampu menghadapi kesulitan tugas, mampu menyelesaikan semua tugas dan mampu menguasi berbagai kondisi pada siswa Kelas X IPA 7 di SMA Muhammadiyah 1 Palembang termasuk dalam kategori sedang 55,88% (19 siswa). Sedangkan hasil belajar siswa tergolong sedang sebanyak 73,52% (25 siswa). Berdasarkan analisa data dengan menggunakan rumus statistik product moment ternyata ada hubungan yang signifikan antara kemampuan diri dengan hasil belajar siswa, karena berdasarkan perbandingan nilai “r” yang terdapat pada nilai “r hitung ” adalah lebih besar daripada “r tabel ”, pada taraf signifikan 5% (0,343>0,339).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:05
Last Modified: 14 Feb 2019 08:05
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item