PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNA WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEKAYU

Fitriani, NIM. 14210074 (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNA WICARA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI SEKAYU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRIANI (14210074).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun pada penelitian ini lebih fokus pada pendidikan khususnya bagi anak-anak penyandang tuna wicara. Tentunya menjadi hal yang unik jika membahas mengenai bagaimana anak-anak tuna wicara belajar, karena salah satu organ tubuh yang sangat berperan paling penting dalam belajar tidak dapat mereka gunakan. Rumusan permasalahan pada penelitian ini sebagai berikut: bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa tuna wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu?, dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak tuna wicara di SLB Negeri Sekayu, selain itu untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pembelajaran pendidikan Agama Islam pada anak tuna wicara di SLB Negeri Sekayu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data yang dikumpulkan adalah data deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya bersifat deskriptif kualitatif yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini berupa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agam Islam yakni tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam anak normal pada umumnya, tapi dari segi tujuan pembelajaran, media, bahan pelajaran, guru, siswa, kurikulum, dan evaluasi yang digunakan masih cukup rendah tingkatanya jika dibandingkan dengan sistem pengajaran yang ada di sekolah anak normal. Hal ini disebabkan selain adanya penyesuian terhadap kondisi siswa yang memiliki keterbatasan terhadap berbicara, juga disebabkan oleh keterbatasan fasilitas dari sekolah untuk mendukung proses pembelajaran Pendidikan Agam Islam di SLB Negeri Sekayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:09
Last Modified: 14 Feb 2019 08:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item