PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AHLIYAH IV PALEMBANG

NENI LESTINA, NIM. 14270080 (2018) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI MI AHLIYAH IV PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NENI LESTINA (14270080).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah metode resitasi, resitasi merupakan metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Ahliyah IV Palembang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang, apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang, dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ahliyah IV Palembang. Jenis penelitian ini adalah True Experimental design dengan desain penelitian posttest-only control design. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A untuk kelas yang diberikan perlakuan dan kelas V B untuk kelas yang menggunakan metode pembelajaran konvensional di MI Ahliyah IV Palembang dengan materi Daur air. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis datanya menggunakan teknik kuantitatif untuk hasil tesnya menggunakan rumus Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji-t dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar kelas kontrol. Dari pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t didapat t hitung = 3,34 dan untuk t tabel dengan dk = 58 taraf signifikan 5% diperoleh t tabel = 2,00. Karena t hitung >t tabel sehingga dari hasil perhitungan uji-t ini H I diterima dan hipotesis H o di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode resitasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi daur air. Kata kunci: Metode resitasi, hasil belajar siswa pembelajaran ilmu pengetahuan alam,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:09
Last Modified: 14 Feb 2019 08:09
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2928

Actions (login required)

View Item View Item