PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SERINANTI KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OKI

Muhammad Dhori, NIM 14270076 (2018) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTUN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SERINANTI KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Muhammad Dhori (14270076).pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah, padahal pembelajaran IPA sangat menarik apabila disampaikan oleh guru dengan menggunakan media pembelajaran yang edukatif, sedangkan dilapangan masih banyak guru menggunakan metode ceramah atau media konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini. Bagaimana penerapan media kartun kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Serinanti Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI? Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Serinanti Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI? Dan apakah ada pengaruh penerapan media kartun terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Serinanti Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI? Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen yakni penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 40 orang siswa kelas IV yang terdiri 22 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Untuk memperoleh data penulis menggunakan data yaitu: observasi yaitu untuk mengamati secata langsung ke tempat lokasi penelitian terutama mengenai lokasi, dan cara belajarnya. Metode test untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA setelah media kartun diterapkan, dokumentasi untuk mengetahui data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan sarana prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan media kartun pada kelas eksperimen yang tergolong tinggi sebanyak 3 orang siswa (15%), nilai sedang ada 15 orang siswa (75%) dan nilai rendah ada 2 orang siswa (10%). Dengan demikian, hasil belajar siswa yang menggunakan media kartun tergolong baik. Sedangkan hasil belajar siswa yang didapat pada kelas kontrol dengan kategori nilai tinggi ada 5 orang siswa (25%), nilai sedang ada 10 orang siswa (50%), dan nilai rendah ada 5 orang siswa (25%). Berdasarkan hasil analisis data dengan rumus tes t adalah nilai perhitungan tes t lebih besar dari pada t-tabel, baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 2,04 < 5,34 > 2,76 diterima dan H o. maka kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat pengaruh hasil belajar yang menerapkan media kartun dengan yang tidak menerapkan media kartun siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Serinanti Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:10
Last Modified: 14 Feb 2019 08:10
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item