PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FUNGI DI SMA NEGERI 2 MUARA KUANG KABUPATEN OGAN ILIR

OKTA RUMAINI, NIM. 13222075 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI FUNGI DI SMA NEGERI 2 MUARA KUANG KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
OKTA RUMAINI (13222075).pdf

Download (15MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pendidikan sebagai suatu upaya manusia dalam aspek dan hasil budaya terbaik yang mampu disediakan setiap generasi manusia untuk kepentingan generasi muda agar melanjutkan kehidupan dan cara hidup mereka dalam konteks sosio budaya. Contexual teaching and learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Fungi di SMA Negeri 2 Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Fungi di SMA Negeri 2 Muara Kuang. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design dengan metode quasi experimental design. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Berdasarkan hasil dari tes kemampuan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada model pembelajaran Direct Intruction. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis akhir (uji t), diperoleh yaitu 3,802 > 1,679 dengan sig 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan H 0 ditolak. Hasil analisis skor rata-rata ketuntasan indikator kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai 91,45% berkriteria sangat tinggi sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas kontrol 88,07% berkriteria sangat baik artinya kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Fungi di SMA Negeri 2 Muara Kuang Kabupaten Ogan Ilir. Untuk peneliti selanjutnya, agar dapat mengembangkannya dengan menggunakan intrumen tes lebih baik sehingga dapat diterapkan di konsep lainnya untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL); Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:10
Last Modified: 14 Feb 2019 08:10
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2957

Actions (login required)

View Item View Item