PELAKSANAAN SISTEM MUTASI PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 KOTA PALEMBANG

RENI FARIA, NIM. 14290093 (2018) PELAKSANAAN SISTEM MUTASI PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 2 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Reni Faria (14290093).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena penulis menyadari bahawa mutasi peserta didik merupakan masalah didunia pendidikan. Oleh karena itu, mutasi peserta didik haruslah ditangani dengan baik, agar tidak mengakibatkan keruwetan yang berlarut-larut, yang pada akhirnya akan mengganggu aktivitas sekolah secara keseluruhan. Maka dari itu untuk mengetahui secara objektif tentang pelaksanaan sistem mutasi peserta didik perlu dilakukan penelitian mendalam. sehingga peneliti tertarik dengan mengangkat judul. “Pelaksanaan Sistem Mutasi Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kota Palembang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hasil Pelaksanaan Sistem mutasi peserta didik, serta untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat dari Pelaksanaan Sistem Mutasi Peserta Didik di MTs Negeri 2 Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan tentang keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi dan dikombinasikan dengan teori yang ada. Hasil penelitian ini adalah : Pertama, dalam pelaksanaan mutasi peserta didik yaitu peserta didik yang akan mutasi masuk wajib membawa surat keterangan status dan akreditasi sekolah asal, fotocopy nilai raport, surat izin pindah sekolah, dinyatakan naik kelas, dan bagi peserta didik yang akan mutasi keluar wajib membawa surat keterangan izin pindah dari orangtua atau wali, dan tidak ada masalah masalah apapun disekolah. Kedua, Faktor pendukung dalam pelaksanaan mutasi peserta didik yaitu Status dan Akreditasi Sekolah yang setara, Peserta Didik yang tidak sanggup mengikuti pelajaran atau merasa kurang nyaman di Sekolah, Lingkungan Keluarga karena mengikuti orangtua pindah rumah atau pindah bekerja, Jumlah maksimum kelas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Status dan Akreditasi Sekolah asal yang tidak setara dengan Madrasah, dapat menyeabkan peserta didik tidak diterima untuk mutasi, dan Peserta didik yang hendak mutasi karena tidak naik kelas atau naik bersyarat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:24
Last Modified: 14 Jun 2019 06:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item