UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI MI NASYRIL ISLAM PALEMBANG (Skripsi)

Holijah, Holijah (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI DOKUMEN DAN BENDA BERHARGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI MI NASYRIL ISLAM PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar guru tidak terbatas sebagai penyampai ilmu pengetahuan akan tetapi lebih dari itu, dan guru juga bertanggung jawab akan keseluruhan perkembangan kepribadian siswa. Seorang guru harus mampu menciptakan proses belajar yang sedemikian rupa sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif dan dinamis dalam memenuhi kebutuhan dan menciptakan tujuan. Berdasarkan analisis yang dilakukan peneliti, sejumlah faktor yang diduga sebagai penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran IPS adalah guru kurang memberikan semangat belajar kepada siswa sebelum pelajaran dimulai, terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dan kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga siswa kurang mampu menguasai materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut adalah dengan menggunakan metode picture and picture yang menggunakan media kartu bergambar dalam praktek pembelajaran, yang dapat membantu siswa dalam memahami pelajaran dan menumbuhkan semangat mereka dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan dengan menggunakan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS di kelas II MI Nasyril Islam Palembang yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian reflektif, hasil belajar, dan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Hasil belajar siswa di kelas II MI Nasyril Islam Palembang dengan menerapkan metode picture and picture meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar yang terus meningkat dari,siklus I,siklus II dan siklus III. Pada siklus I ada 10 siswa (50%) yang tuntas dan 10 siswa (50%) tidak tuntas. Pada siklus II ada kenaikan siswa yang tuntas yaitu 17 siswa (85%) tuntas dan ada 3 siswa (15%) yang tidak tuntas dalam pembelajaran IPS. Dan pada siklus III terjadi peningkatan yang signifikan yaitu 20 siswa (100%) tuntas dan tidak ada lagi siswa yang hasil belajarnya dibawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa dengan menerapkan metode picture and picture pada mata pelajaran IPS dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: metode picture and picture, meningkatkan hasil belajar, perkembangan kepribadian.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 20 Apr 2016 08:28
Last Modified: 20 Apr 2016 08:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item