HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PAI(FIQIH) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs AN-NUUR PALEMBANG

ACHMAD FADIL, NIM.13210006 (2018) HUBUNGAN GAYA MENGAJAR GURU PAI(FIQIH) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTs AN-NUUR PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full (Achmad Fadil).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya hubungan gaya mengajar guru(fiqih) dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs An-Nuur Palembang. Kajian ini dilatarbelakangi masih banyak siswa yang tingkat prestasinya masih cukup rendah yang disebabkan latar belakang keluarga, ekonomi, lingkungan, dan pendidikan sehingga dibutuhkan gaya mengajar guru yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Bagaimana gaya mengajar guru Fiqih di MTs An-Nuur Palembang?, Bagaimana prestasi belajar siswa kelas di MTs An-Nuur Palembang?, Bagaimana hubungan gaya mengajar guru Fiqih terhadap prestasi belajar siswa di MTs An-Nuur Palembang? Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif yang dimaksudkan untuk mengetahui data berupa angka, adapun populasi seluruh siswa kelas VIII di MTs An-Nuur Palembang dan sampel dalam penelitian ini adalah 59 siswa, jumlah keseluruhan siswa kelas VIII 173 siswa. dalam hal ini sistem penarikan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik random sampling dengan menentukan pilihan sistem acak pada Siswa kelas VIII di MTs An-Nuur Palembang. Selanjutnya jika subjeknya lebih dari 100 maka diambil 10%, 15%, 20%, 25% atau lebih. Dalam penelitian ini jumlah siswa kelas VIII diambil 34% dari populasi yaitu 173. Jadi jumlah sampelnya 59 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan analisis data ini menggunakan uji product moment. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis maka Gaya mengajar guru di kelas VIII MTs An-Nuur Palembang melalui analisa data yang diperoleh tergolong kedalam frekuensi sedang, hal ini dapat dilihat dari presentase hasil angket berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 43 orang siswa dengan presentase (72,88%) dari 59 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Sedangkan, Prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 43 siswa dengan presentase (72,88%) dari 59 siswa. Adanya hubungan anatara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar siswa di kelas VIII Mts AN-Nuur Palembang yang dikategorikan tinggi, hal ini dapat dilihat dari hasil tersebut lebih besar dari pada taraf siginifikan 5% sebesar 0,266 dan taraf siginifikan 1% = 0,345, oleh karena itu taraf signifikannya: 0,266 < 0,898 > 0,345

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:25
Last Modified: 14 Jun 2019 06:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item