PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI MA NEGERI 3 MODEL PALEMBANG

YULIYA ASTUTI, NIM. 13210310 (2018) PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) DI MA NEGERI 3 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YULIYA ASTUTI (13210310).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk terdiri atas berbagai suku, budaya, politik, ekonomi maupun agama. Sehingga sangat dibutuhkan sikap toleransi dalam bersosialisasi. Toleransi merupakan suatu sikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan, dan lain sebagainya yang berbeda dengan pendiriannya sendiri. Toleransi juga merupakan elemen dasar yang dibutuhkan untuk menumbuhkankembangkan sikap saling memahamidan menghargai perbedaan yang ada. Untuk membentuk sikap toleransi dibutuhkan suatu wadah. Dalam hal ini ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) merupakan sebuah wadah yang cocok dalam hal membentuk sikap toleransi para siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini yakni, apa saja kegiatan ekstrakurikuler PMR yang dapat membentuk sikap toleransi siswa di MAN 3 Model Palembang dan Bagaimana proses pembentukan sikap toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di MAN 3 Model Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler PMR apa saja yang dapat membentuk sikap toleransi siswa di MAN 3 Palembang. Bagaimana proses pembentukan sikap toleransi melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR di MAN 3 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Field Research yakni penelitian yang dilakukan di lapangan. Informan dalam penelitian ini adalah Pembina PMR, Ketua PMR, dan anggota PMR angkatan 21 yang berjumlah 14 orang. Jenis data penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yakni seluruh anggota PMR yang berjumlah 49 orang dan data sekunder yakni dokumen dari ekstrakurikuler PMR itu sendiri. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan metode Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data data dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian menunjukan bahwa : Kegiatan ekstrakurikuler PMR yang dapat membentuk sikap toleransi siswa di MAN 3 Palembang, pada dasarnya hamipr semua kegiatan yang dilaksanakan PMR dapat membentuk sikap toleransi, akan tetapi lebih spesifiknya kegiatan yang dapat membentuk sikap toleransi yakni, pendidikan latihan dasar, bakti sosial, donor darah, latihan gabungan, mengikuti lintas minat dan bakat.. Proses pembentukan sikap toleransi siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR yakni dengan mengikuti sistem pelatihan PMR yang sistem pengulangan, serta mengikti rancangan kegiatan yang telah ditentukana oleh PMR. Adapun rancangan yang dilaksankan PMR MAN 3 Model Palembang terbagi menjadi beberapa tahap yakni tahapan permulaaan untuk memperkenalkan Palang Merah Remaja kemudian tahapan pelaksanaan. Dengan mengikuti rancangan tahapan tersebut para anggota PMR otomatis akan mendapatkan pengalaman prbadi dalam membentuk sikap toleransi. Dan juga dengan bergaulnya sesama anak PMR menjadikan PMR sebagai faktor lingkungan yang mempengaruhi untuk mebentuk sikap toleransi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:25
Last Modified: 14 Jun 2019 06:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3004

Actions (login required)

View Item View Item