PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KE-1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V DI MIN 3 OKU TIMUR

ISLAMIYAH, NIM. 14270053 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KE-1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS V DI MIN 3 OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ISLAMIYAH (14270053).pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V di MIN 3 OKU Timur”. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana hasil belajar siswa yang diterapkan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V di MIN 3 OKU Timur? yang kedua, Bagaimana hasil belajar siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V di MIN 3 OKU Timur? yang ketiga, Apakah ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E terhadap hasil Belajar siswa pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V di MIN 3 OKU Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle Tipe 5E terhadap hasil Belajar siswa pada Tema Ke-1 Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V di MIN 3 OKU Timur. Adapun metodologi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes (pre-tes dan post-tes), dokumentasi dan wawancara. Sampel dari penelitian ini yaitu kelas V.B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dan kelas V.A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian eksperimen Pre-eksperimental design bentuk one-group pretest-postest design. Teknik Analisis data yang digunakan dalam analisis data adalah menggunakan Uji “t o ”. Untuk menjawab rumusan masalah maka teknis analisis data yang digunakan adalah uji “T” yang mana jika (t hitung t tabel ) H o ditolak dan H a diterima maka ada perbedaan yang signifikan dan jika (t hitung t tabel ) H o diterima dan H a ditolak maka tidak ada perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar V.B (kelas eksperimen) dengan kelas V.A (kelas kontrol). Hal ini terlihat dari hasil hipotesis “t o”= 7,15 lebih besar dari t t (baik pada taraf signifikan 5% = 2,00 dan 1%=2,67 ), dengan rincian 2,67 , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Berarti hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran Learning cyle 5E pada mata pelajaran tematik tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia kelas V.B di MIN 3 OKU Timur. Kata-kata kunci :Model pembelajaran Learning Cycle tipe 5E, hasil belajar, tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:13
Last Modified: 14 Feb 2019 08:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3029

Actions (login required)

View Item View Item