Ananda Putri, Yulita (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN JASMANIAH- KINESTETIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 97 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul : Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kecerdasan Jasmaniah-Kinestetik Pada Mata Pelajaran PAI di SDN 97 Palembang. Penelitian ini di latar belakangi karena proses pembelajaran PAI di SDN 97 Palembang masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa kurang tertarik pada pelajaran tersebut dan kecerdasan jasmaniah-kinestetik siswa kurang maksimal untuk dikembangkan. Untuk itulah peneliti mencari cara untuk mengembangkan kecerdasan jasmaniah-kinestetik siswa dalam mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode Demonstrasi, dalam hal ini diharapkan siswa dapat mengembangkan kecerdasan jasmaniah-kinestetik yang mereka miliki dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh. Adapun permasalahan yaitu bagaimana kecerdasan jasmaniah-kinestetik kelas yang diterapkan metode demonstrasi pada materi shalat di kelas III SDN 97 Palembang ?, bagaimana kecerdasan jasmaniah-kinestetik kelas yang tidak diterapkan metode demonstrasi pada materi shalat di kelas III SDN 97 Palembang?, serta apakah ada perbedaan yang signifikan kecerdasan jasmaniah-kinestetik kelas yang diterapkan metode demonstrasi pada materi shalat di kelas III SDN 97 Palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecerdasan jasmaniah-kinestetik kelas yang diterapkan metode demonstrasi dan yang tidak diterapkan metode demonstrasi serta untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kecerdasan jasmaniah-kinestetik kelas yang diterapkan dan kelas yang tidak diterapkan metode demonstrasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen (experimental method). Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 34 siswa. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data primer adalah siswa kelas III A dan kelas III B, kepala sekolah,dan guru PAI, sedangkan sumber data sekunder yaitu dokumen berupa sarana dan prasarana, struktur organisasi, keadaan guru, keadaan siswa, buku-buku serta arsip. Dari hasil penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan independent t-test dengan taraf 5%. Dari hasil perhitungan dengan menggunkan rumus tersebut diperoleh t hitung sebesar 3,127. kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan t tabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 2,00 berarti t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian hipotetsis nol yang menyatakan tidak ada perbedaan dari Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kecerdasan Jasmaniah-Kinestetik ditolak dan sebaliknya hipotesis alternatif yang menyatakan ada perbedaan dari Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Mengembangkan Kecerdasan jasmaniah-Kinestetik diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada mata pelajaran PAI dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas eksperimen dan pada mata pelajaran PAI yang tidak menggunakan metode demonstrasi di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Mengembangkan Kecerdasan Jasmaniah-Kinestetik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 21 Apr 2016 03:23 |
Last Modified: | 21 Apr 2016 03:23 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
View Item |