PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP PRAMULA PALEMBANG

AGUS SALIM, NIM. 14222002 (2018) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI FREEMIND TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP PRAMULA PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Agus Salim (14222002).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran karena media dapat membantu menyederhanakan pesan-pesan abstrak yang akan disampaikan sehingga mudah dipahami dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, perlu dilakukan penerapan media pembelajaran aplikasi freemind sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dan siswa tidak bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran aplikasi freemind terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Pramula Palembang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design bentuk non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling bentuk sampling jenuh. Dengan sampel penelitian kelas VII 1 dan VII 2 yang berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, observasi kegiatan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 71,25 dan kelas kontrol sebesar 66,25. Peningkatan hasil belajar dari nilai pretest dan posttest dapat dilihat dari nilai n-gain di mana kelas eksperimen memiliki nilai n-gain sebesar 0,6 lebih tinggi dibandingkan nilai ngain kelas kontrol sebesar 0,53. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji z dengan taraf kepercayaan 95% (0,05) diperoleh hasil yaitu 0,001 < 0,05, hasil menunjukkan bahwa signifikasi (2-tailed) z hitung < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan pada media pembelajaran aplikasi freemind terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMP Pramula Palembang. Kata Kunci : Media Pembelajaran Aplikasi Freemind; Hasil Belajar; Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Aplikasi Freemind; Hasil Belajar; Mind Mapping
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:25
Last Modified: 14 Jun 2019 06:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3035

Actions (login required)

View Item View Item