IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS XI MIPA 4 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 18 PALEMBANG

AHMAD SAKA FALWA GUNA, NIM. 14210016 (2018) IMPLEMENTASI NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA PESERTA DIDIK DI KELAS XI MIPA 4 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 18 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
AHMAD SAKA FALWA GUNA NIM. 14210016.pdf

Download (9MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Peserta didik yang pada dasarnya merupakan penerima pengaruh dari seseorang dan sekolompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan. Peserta didik sangat dituntut agar memiliki kecerdasan dan ilmu pengetahuan. Gemar membaca menjadi salah satu alat ukur dalam meningkatkan kecerdasan dan ilmu pengetahuan pada peserta didik. Membaca juga menjadi gambaran bagi peserta didik dalam mengambil sebuah keputusan mana yang baik dan mana yang buruk. Membaca itu sendiri harus dipahami dan diaplikasikan dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Pada umumnya, masih ditemukan adanya peserta didik yang malas belajar, apalagi membaca buku atau membaca sebuah bacaan dan lebih menyukai bermain game dari pada belajar ataupun membaca. Dari masalah tersebut maka peneliti akan melakukan penelitian yang berjudul Implementasi Nilai Karakter Gemar Membaca pada Peserta Didik di Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 18 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian nilai karakter gemar membaca pada peserta didik. Selanjutnya, untuk mengetahui upaya gutu dalam meningkatkan kegemaran membaca pada peserta didik. Kemudian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian nilai karakter gemar membaca pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data, penulis wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, petugas perpustakaan, serta peserta didik selain itu observasi, dalam observasi ini peneliti akan mengambil data bagaimana aktfitas pembelajaran di kelas dan lingkungan sekolah serta di dalam perpustakaan dan studi dokumentasi. Dari data wawancara, observasi dan studi dokumentasi, lalu penulis menganalisis kembali hasil data tersebut. Hasil penelitian menunjukan implementasi nilai karakter gemar membaca pada peserta didik, secara umum karakter gemar membaca ialah sikap dan kecintaannya kepada bacaan dan ilmu pengetahuan dan sebenarnya sudah ada dalam k13 yang bertujuan peserta didik untuk terus menuntut ilmu, sudah di laksana dengan baik di dalam proses pembelanjaran sesuai dengan silabus yang akan diajarkan, serta banyak dampak postif apablia peserta didik terus menuntut ilmu dan membaca, hanya saja masih ada dari peserta didik itu sendiri malas untuk membaca sebuah buku atau membaca sebuah bacaan, hal tersebut di karenakan kurangnya kesadaran dan kemauan dari peserta didik itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:26
Last Modified: 14 Jun 2019 06:26
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3038

Actions (login required)

View Item View Item