STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA PROGRAM EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

ENDANG LESTARI, NIM. 12290017 (2018) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA PROGRAM EKSTRA KURIKULER BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ENDANG LESTARI, NIM.12 29 0017.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Menurunny kualitas pembelajaran Baca Tulis al-Qur‟an, kurangnya kesiapan guru/pendidik dalam melaksanakan program tahfidz, terbaginya fokus siswa antara belajar reguler dan mengikuti program tahfidz, jumlah guru/pendidik yang memiliki komputensi mengajar pada program tahfidz belum sebanding dengan jumlah siswa yang ada dan belum ada ruang khusus untuk menunjang kegiatan tahfidz. Rumusanmasalh Bagaimana strategi kepemipinan kepala madrasah dalam mengelola program ekstrakurukuler baca tulis Al-Qur‟an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang,Faktor apa saja yang mempengaruhi strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola program ekstrakurukuler baca tulis Al-Qur‟an di madrasah Tsanawiyah negeri 1 palembang. Metode penelitian ini terdiri dari jenis penelitian : ditinjau dari perkataanya, penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif. Ditinjau dari tempat penelitiannya, penelitian hanya dilakukan di perpustakaan dan penelitian lapangan (field research). Jenis data dalam penelitian ini terdiri data primer dan data skunder. Data primer dalam penelitian ini adalah data mengenai strategi apa saja yang dilakukan oleh kepala Madrasah MTs N 1 Palembang, sedangkan data sekunder adalah data apa saja yang berkaitan dengan strategi kepala madrasah seperti dokumen hasil tes BTA siswa, kegiatan setoran hafalan dan lain-lain. Informasi kunci dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, staf TU, dan arsip-arsip penting untuk menjawab rumusan maslah yang diajukan dalam penelitian ini. Informan pendukung (Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarana dan Prasarana dan perwakilan guru). Teknik Pengumuplan data yaitu teknik interview/wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah data reduction (redukdi data) data Display (penampilan / penyajian data) dan Conclucion Drawing/verifacation (verifikasi data)/ Adapun hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: ada strategi mutlak wajib di setiap pagi baca al-qur‟an khususnya sesuai dengan jenjangnya misalnya kelas VII dari surat an-Nas sampai surat ad-dhuha, jadi setiap pagi anak harus setor, kemudian nanti anak setor ke guru pembimbing masing-masing dan dilakukan berkesinambungan menyediakan kemampuannya, memberikan penghargaan, pelaksanaan pembelajaran BTA dengan metode Iqra, mengadakan Program Tadarus AL-Qur‟an, mengadakan program wajib sholat dhuha, memperbanyak latihan dengan memahami huruf hijaiyah, tajwid, makhorijul huruf dan sebagainya dan mengawasi jalanya kegiatan yang telah diprogramkan oleh sekolah seperti sholat, tadarus AlQur‟an , dan memberikan arahan dan bimbingan kepada guru jika terjadi masalh. Faktor pendukung ( tersedianya sarana pembelajaran al-qur‟an, adanya dukungan dan partisipasi dari guru) faktor penghambat ( lemahnya pemahaman siswa terhadap huruf Hijaiyah, kurangnya perhatian orang tua/keluarga). Kata Kunci : Kepala Sekolah, Strategi Pengelolahan BTA, MTs N 1 palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Strategi Pengelolahan BTA, MTs N 1 palembang.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:27
Last Modified: 14 Jun 2019 06:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3054

Actions (login required)

View Item View Item