PENGADAAN SUMBER BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG (Skripsi)

Nurhidayah, Eka (2016) PENGADAAN SUMBER BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar sangatlah penting terutama dalam proses belajar mengajar sangat dibutuhkan dan ada hal-hal tertentu yang harus diterapkan antara lain mengadakan dan mengolah sumber belajar serta memberikan fasilitas kepada siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Adapun latar belakang penulis mengangkat judul ini yaitu karena pengadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang belum efektif dan efisien dilihat dari keterbatasan sumber belajar yang ada di Madrasah misalnya belum adanya perpustakaan dan laboratorium IPA sebagai penunjang dalam proses pembelajaran sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa hanya teori sedangkan untuk praktik terkendala pada pengadaan sumber belajar. Maka penulis tertarik untuk mengambil judul “Pengadaan Sumber Belajar di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana keadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang, Bagaimana pengadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang dan apa faktor penghambat dalam pengadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang, untuk mengetahui pengadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang dan untuk mengetahui apa saja penghambat dalam pengadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Guna mempermudah data dalam penelitian ini maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi, teknik dokumentasi serta teknik wawancara. Teknik analisa data kualitatif meliputi aspek reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sehingga hasil penelitian dapat diketahui dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sumber belajar di MA Al-Fatah Palembang di kategorikan sudah baik dilihat dari fasilitas yang ada dalam kelas sedangkan sumber belajar yang menunjang proses pembelajaran belum terpenuhi secara maksimal. Adapun pengadaan sumber belajar dikategorikan sudah baik, Dilihat dari adanya kegiatan pengadaan sumber belajar di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang yang meliputi pengelolaan, perencanaan, prakualifikasi, prosedur, penyimpanan dan inventaris dan pemeliharaan. Sedangkan faktor penghambat dalam pengadaan sumber belajar yaitu terbatasnya anggaran dana dan kurangnya kemampuan sumber daya manusia (guru) dalam memanfaatkan sumber belajar dilingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengadaan Sumber Belajar, faktor penghambat dalam pengadaan, fasilitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 25 Apr 2016 03:59
Last Modified: 25 Apr 2016 03:59
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/306

Actions (login required)

View Item View Item