PENERAPAN TEKNIK INSIDE OUTSIDE CRICLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAANISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM BANYUASIN II (Skripsi)

Susniarti, Fatmi (2016) PENERAPAN TEKNIK INSIDE OUTSIDE CRICLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAANISLAM KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM BANYUASIN II (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Fatmi Susniarti_TarPGMI.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan bertujuan untuk mengembangkan kualitas manusia. Sebagai suatu kegiatan yang sadar akan tujuan, maka dalam pelaksanaanya berada dalam suatu proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Banyuasin II. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan teknik Inside Outside Cricle pada mata pelajaran SKI kelas V di MI Miftahul Ulum Banyuasin II, bagaimanakah Hasil Belajar siswa kelas V sebelum dan sesudah diterapkan teknik Inside Outside Cricle pada mata pelajaran SKI di MI Miftahul Ulum Banyuasin II, serta adakah pengaruh teknik Inside Outside Cricle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MI Miftahul Ulum Banyuasin II. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Inside Outside Cricle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuasin II. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuasin II pada tahun 2015. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Miftahul Ulum Banyuasin II yang berjumlah 20 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini sebanyak 152 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Penelitian eksperimental adalah penelitian untuk menguji sebab akibat antar variabel melalui langkah manipulasi, pengendalian dan pengamatan. Hasil dari penelitian ini penerapan teknik Inside Outside Cricle terhadap hasil belajar siswa, masih terbatas karena guru menerapkan teknik pembelajaran untuk menghindari kejenuhan belajar pada siswa. Yang kedua yaitu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Banyuasin II, maka dapat dikategorikan yaitu dapat dilihat 8 (40%) mengatakan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi, 10 (30%) responden dikategorikan sedang dan 6 (30%) kebawah termasuk kategori rendah. Dalam rangka uji coba terhadap penerapan atau keampuhan teknik baru, dilaksanakan penelitian lanjutan dengan mengajukan Hipotesis Nihil yang menyatakan: Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to = -4,590) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts.5% = 2,09 dan tt.ts.1% = 2,86) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt; yaitu 2,09 < -4,590 > 2,86 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: teknik Inside Outside Cricle, mengembangkan kualitas manusia, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:32
Last Modified: 25 Apr 2016 07:32
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item