Makrifatul Islamiyah, Ani (2016) PENERAPAN METODE MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HADIST BAGI SISWA KELAS VIII DI MTs PARADIGMA PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Kurang tepatnya memilih metode dalam menghafal menyebabkan siswa merasa bosan dalam pembelajaran Hadits. Kemampuan menghafal Hadits siswa juga kurang baik dikarenakan siswa lebih memilih menghafal Hadits dari awal dari pada mengulang hafalannya atau menjaganya. Dengan diterapkan metode muroja’ah diharapkan kemampuan menghafal Hadits siswa kelas VIII lebih baik atau meningkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana kemampuan menghafal Hadits siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode muroja’ah dan kelas kontrol yang tidak diterapkan metode muroja’ah pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Paradigma Palembang? dan apakah metode muroja’ah dapat meningkatkan kemampuan menghafal Hadits siswa kelas eksperimen yang diterapkan metode muroja’ah pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Paradigma Palembang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan true eksperimental yang menggunakan teknik post-test only control design. Adapun teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling, Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa sebagai kelas kontrol dengan jumlah 24 anak, dan kelas VIIIb sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Metode dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran umum lokasi penelitian di MTs Paradigma Palembang. Metode observasi digunakan untuk mengetahui proses menghafal siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits, dan metode tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan menghafal Hadits siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan metode muroja’ah sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Setelah dilakukan penghitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menghafal Hadits siswa di MTs Paradigma Palembang meningkat setelah diterapkan metode muroja’ah. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji T yaitu: 2,01 < 4.94> 2,68. Ini mengandung arti metode muroja’ah dapat meningkatkan kemampuan menghafal Hadits siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode muroja’ah, kemampuan menghafal, Hadits. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 25 Apr 2016 08:20 |
Last Modified: | 25 Apr 2016 08:20 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/311 |
Actions (login required)
View Item |