PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP DAARUL AITAM PALEMBANG

LARA SINTA, NIM. 14210116 (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LARA SINTA (14210116).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang". Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang aktifnya siswa ketika pelajaran PAI berlangsung. Siswa cenderung pasif dan kurang antusias, guru terlihat mendominasi kelas dan kegiatan belajar mengajar kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini yang Pertama, untuk mengetahui pengelolaan kelas pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Kedua, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Ketiga, untuk mengetahui adanya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dan IX di SMP Daarul Aitam Palembang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama, pengelolaan kelas di SMP Daarul Aitam Palembang masih dalam kategori sedang karena dari 66 responden ada 14 respoden menjawab pengelolaan kelas di SMP Daarul Aitam Palembang tinggi, 40 yang menjawab sedang, dan 12 yang menjawab rendah. Kedua, motivasi belajar siswa di SMP Daarul Aitam Palembang masih dalam kategori sedang karena dari 66 responden diketahui bahwa 5 respoden termasuk dalam kategori memiliki motivasi belajar yang tinggi , 51 termasuk dalam kategori memiliki motivasi belajar sedang, dan 10 yang termasuk dalam kategori memiliki motivasi belajar rendah. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Ternyata r hitung sebesar 0,43jauh lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% (0,2423 ) dan taraf signifikan 1% (0,2858). Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Karena r hitung jauh lebih besar dari pada r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% dengan ini melambangkan 0,2423<0,43>0,2858.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:19
Last Modified: 14 Feb 2019 08:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3110

Actions (login required)

View Item View Item