PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN PKN MADRASAH IBTIDAIYAH NASHRIYAH OKI

Lia Denty Merliansyah, Nim. 14270063 (2018) PENGARUH METODE TANYA JAWAB TERHADAP KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN PKN MADRASAH IBTIDAIYAH NASHRIYAH OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Lia Denty Merliansyah (14270063).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dari hasil observasi awal penulis di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah OKI, proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru. Adapun dalam mengeluarkan pendapat dan bertanya, hanya beberapa siswa yang menunjukkan keaktifannya. Serta kurang fokusnya siswa dalam memperhatikan pembelajaran sehingga siswa jadi tidak bisa menjawab dan tidak bisa memberikan pertanyaan. Karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1). Bagaimana penerapan metode tanya jawab terhadap keaktifan siswa pada kelas V mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah OKI? 2). Bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode tanya jawab pada kelas V mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah OKI? 3). Apakah terdapat pengaruh metode tanya jawab terhadap keaktifan siswa kelas V mata pelajaran PKn di Madrasah Ibtidaiyah OKI? Metodelogi penelitian pada skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian Experimental Designs Tipe Pretest and Posttest yaitu terdapat suatu kelompok yang diberikan tratment/perlakuan Pretest-Posttest dan selanjutnya di observasi hasilnya. Dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah OKI kelas V yang terdiri 1 kelas dengan jumlah siswa 24, karena jumlah siswa kurang dari 30 jadi sampel yang diambil menggunakan sampling jenuh. Analisi data untuk mengambil kesimpulan menggunakan rumus ujui “t”. Hasil penelitian menunjukkan 1). Hasil belajar sebelum diterapkan metode tanya jawab mendapatkan mean sebesar 52. Hasil belajar siswa yang memperoleh skor tertinggi terdapat 6 orang siswa dengan nilai 69 keatas, skor kategori sedang terdapat 12 orang siswa dengan nilai 35 sampai 69, skor kategori rendah terdapat 6 orang siswa dengan nilai 35 kebawah. 2). Hasil belajar sesudah di terapkan metode tanya jawab mendapat nilai sebesar 81. Hasil belajar siswa yang memperoleh skor kategori tinggi terdapat 11 orang siswa dengan nilai 87 keatas, skor kategori sedang terdapat 5 orang siswa dengan nilai 75 sampai 87, akor dengan kategori rendah terdapat 8 orang siswa dengan nilai 75 kebawah. 3). Penerapan metode tanya jawab berpegaruh terhadap keaktifan siswa kelas V pada mata pelajaran PKn, hal ini dapat dilihat dari uji hipotesis menggunakan uji “t” yaitu : perhitungan (t 0 = 74,6) dan besarnya t yang tercantum pada tabel t (taraf signifikasi 5% = 2,07) dan (taraf signifikasi 1% = 2,81), maka dapat diketahui bahwa t o lebih besar dari pada t t baik taraf signifikasi 5% maupun 1% yaitu: 2,07 < 74,6 > 2,81. Jadi karena adanya pengaruh penerapan metode tanya jawab berpegaruh terhadap keaktifan siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Nashriyah OKI. Kata-kata Kunci : Metode Tanya Jawab, Keaktifan Siswa PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:19
Last Modified: 14 Feb 2019 08:19
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3116

Actions (login required)

View Item View Item