PENERAPAN MEDIA AL-QOLAM UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG

M IBNU RAMADHAN, NIM. 12210143 (2017) PENERAPAN MEDIA AL-QOLAM UNTUK MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M Ibnu Ramadhan (12210143).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Judul skripsi yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Penerapan Media Audio dengan Al-qolam Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadist di Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang”. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimana kemampuan menghafal siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang sebelum menerapkan Media Audio Al-Qolam?,bagaimana kemampuan menghafal siswa kelas VIII di MTs Paradigma Palembang sesudah menerapkan Media Audio Al-Qolam?,apakah terdapat peningkatan yang signifikan pada hafalan siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media tersebut? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui kemampuan Menghafal Siswa Kelas VIII Di Mts Paradigma Palembang sebelum menerapkan Media Al-Qolam, Untuk Kemampuan Menghafal Siswa Kelas VIII Di Mts Paradigma Palembang sesudah menerapkan Media Al-Qolam, Untuk mengetahui Apakah peningkatan yang signifikan pada hafalan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut, adapun kegunaan dan manfaat penelitian ini adalah, Bagi Siswa, untuk memotivasi belajar dan juga meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pelajaran al-Quran dan Hadits dan terjadinya kerja sama dan saling menghargai sesama teman. Bagi guru, untuk meningkatkan kinerja guru dalam pemilihan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, eksperimen merupakan penelitian yang digunakan mencari treatment (perlakuan tertentu). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII dan sampelnya kelas VIII B dengan jumlah 26 orang siswa di MTs Paradigma Palembang. Jenis data yang digunakan ada dua yaitu : 1) data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data yang meliputi jumlah siswa , guru tenaga kerja dan data yang menunjukan angka. 2) data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dari serangkaian observasi dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu : 1) data primer yang diperoleh langsung dari kepala sekolah . Guru PAI dan siswa Kelas VIII. 2) Data sekunder adalah data yan didapatkan dari buku dokumentasi sekolah MTs Paradigma Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada empat yaitu: observasi, tes lisan , dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dipergunakan adalah uji-t. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, hasil penelitian yaitu hasil belajar siswa sebelum diterapkan Media Al-Qolam di MTs Paradigma Palembang dalam kategori sedang , hal ini dibuktikan dengan 17 dari 26 responden yang mendapat nilai dengan kategori sedang atau sebanyak 65 % kedua, hasil belajar siswa setelah diterapkan Media Al-Qolam di MTs Paradigma Palembang termasuk dalam kategori tinggi, hal ini dibuktikan dengan 5 dari siswa yang mendapatkan nilai dengan kategori tinggi atau sebanyak 19 % . tiga, peningkatan hasil hafalan siswa pada penerapan Media Al-Qolam di MTs Paradigma sebesar (19%) sedangkan dari hasil perhitungan t0 sebesar 7,70 dengan tabel maka taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,68<7,07>2,01. Hal ini hipotesis nihil Hao ditolak dan Ha diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 19 Dec 2018 03:13
Last Modified: 19 Dec 2018 03:13
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3126

Actions (login required)

View Item View Item