HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

ISMI LUKITA SARI, NIM. 14270054 (2018) HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ISMI LUKITA SARI (14270054).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Hasil belajar merupakan hasil dari interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran poster comment. Model pembelajaran ini dapat melatih siswa berpikir kreatif dan menyampaikan isi pikiran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran poster comment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran poster comment di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, dan adakah pengaruh model pembelajaran poster comment terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design yaitu one-group pretest-posttest. Populasinya adalah siswa kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang. Sampelnya adalah siswa kelas IV di MI Ma’had Islamy Palembang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data, yaitu tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan rumus TSR dan uji tes “t”. Hasil penelitian sebagai berikut. Hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy pada mata pelajaran IPA sebelum menggunakan model pembelajaran poster comment tergolong rendah, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata 55,76. Hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy pada mata pelajaran IPA yang menggunakan model pembelajaran poster comment tergolong tinggi, hal itu bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata 76,53. Pengaruh model pembelajaran poster comment terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji “t” dibuktikan dengan melihat pengaruh dengan uji “t” jika ttabel<thitung>ttabel atau -2,06 < 7,81 > 2,79 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunkan model poster comment pada mata pelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:28
Last Modified: 14 Jun 2019 06:28
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3132

Actions (login required)

View Item View Item