NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SALAH ASUHAN KARYA ABDOEL MOEIS

M. Nasir, NIM. 14210129 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SALAH ASUHAN KARYA ABDOEL MOEIS. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
M. Nasir (14210129).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari cerita fiksi novel Salah Asuhan karya Abdoel Moeis yang melibatkan nilai-nilai tradisi dan modern nilai-nilai Timur dan Barat segaligus mengungkap beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang disampaikan dalam tulisan novel Salah Asuhan karya Adoel Moeis. Dipilihnya Abdoel Moeis dengan karya fiksi novel yaitu Salah Asuhan dengan pertimbangan 1. Adoel Moeis telah menyediakan sebuah bacaan fiksi dengan tema benturan kebudayaan ialah salah satu pemicu hadirnya nilai-nilai pendidikan karkater yang dituangkan dalam novel yang berjudul Salah Asuhan, 2. Abdoel Moeis yang telah mewarnai karakter negara Jepang disaat terpuruknya Jepang karena dikalahkan oleh sekutu yang kemudian masyarakat Jepang gemar memahami tulisan-tulisan fiksi dan salah satu cerita fiksi tersebut ialah novel Salah Asuhan karya Abdoel Moeis.. Dengan penelitian ini diharapkann peneliti mampu menggali hasil pemikiran Adoel Moeis yaitu tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai dengan 18 nilai-nilai pendidikan karakter . Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian Perpustakaan (library research). Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Content Analysis. Metode Content Analysis akan mengungkapkan isi pemikiran Abdoel Moeis. Metode ini untuk mengetahui kerangka berfikir Abdeol Moeis yang tertuang pada novel Salah Asuhan. Hasil penelitian ini adalah : Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada pemikiran Adoel Moeis dalam sebuah benturn kebudayaan yaitu nilai-nilai tradisi dan modern nilai-nilai Timur dan Barat, dalam cerita fiksi tersebut menjelaskan bahwa ada setidaknya 9 nilai-nilai pendidikan karakter yang pertama ialah nilai religius yang terdapat dua bagian; 1.) Toleransi terhadap pelaksanaan ibadah dan 2.), Patuh dalam melaksanakan ajaran agama, kedua jujur, ketiga Toleransi, keenpat kerja keras, kelima rasa ingin tahu, keenam cinta tahan air, ketujuh bersahabat atau komunikatif, kedelapan cinta damai, dan kesembilan tanggung jawab. Dari hasil penelitian tersebut, penulis berharap agar peneliti selanjutnya bisa menggali lebih dalam terkait dengan penelitian serupa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:21
Last Modified: 14 Feb 2019 08:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3145

Actions (login required)

View Item View Item