HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN BANYUASIN III

YAYUK SUSANTI, NIM. 14210251 (2018) HUBUNGAN KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN BANYUASIN III. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
YAYUK SUSANTI (14210251).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Hubungan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana disiplin belajar santi di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Kedua, bagaimana prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Dan ketiga, bagaimana hubungan disiplin belajar dan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Studi ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan sumber data primer dan sekunder, data primer siswa, guru, kepala Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Qodratullah Langkan, dan data sekunder semua aspek yang menunjang penelitian. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 364 santri, dan sampel dalam penelitian ini adalah 54 santri dari jumlah populasi. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis dari setiap variabel yaitu untuk mengetahui disiplin belajar dan prestasi belajar menggunakan rumus TSR dan untuk mengetahui hubungan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar dengan menggunakan rumus Product Moment. Setelah dilakukan penganalisaan data maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian ini dikategorikan sedang, dalam kategori tinggi sebanyak 17 santri (31%), sedang sebanyak 32 santri (59%), rendah 5 santri (9%), dan untuk prestasi belajar diambil dari rata-rata nilai raport dari siswa sebagai responden. Terakhir terdapat hubungn positif antara hubungan disiplin belajar dan prestasi belajar santri yakni pada taraf signifikan 5% = 1,675, 1% = 2,400, sedangkan rxy = 0,2253, perhitungan t hitung 2,113. (1,675<2,113<2,400) . Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa disiplin belajar mempunyai hubunga dengan prestasi belajar santri di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Kata Kunci : Kedisiplinan dan Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:29
Last Modified: 14 Jun 2019 06:29
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item