PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG

MERWANDO, NIM. 13210171 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MERWANTO (13210171).pdf

Download (927kB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pembangunan karakter yang saat ini menjadi salah satu perhatian kuat pemerintah, harus disambut baik dan dirumuskan langkah-langkah sistematik dan komprehensif. Oleh karena itu pendidikan karakter memerlukan keteladanan dan sentuhan mulai sejak dini sampai dewasa. Skripsi ini berjudul : “Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di madrasah aliyah Al-Fatah Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di madrasah aliyah Al-Fatah Palembang? (2) faktor apa saja pendukung dan penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di madrasah aliyah Al-Fatah Palembang?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, untuk memperoleh data digunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yakni sumber data yang dikumpulkan langsung dari informan yaitu, Kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa yang menjadi objek dalam penelitian. Sumber data sekunder adalah sumber data yang di peroleh peneliti secara tidak langsung seperti bukti catatan, laporan dan arsip (data dokumentasi). Teknik analisis data terdiri dari, reduksi data (data reduction), data display (penyajian data), kesimpulan (verifikasi). Teknik analisis data disini dilakukan setelah data-data terkumpul melalui teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diperoleh informasi bahwa pertama, peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter di MA Al-Fatah Palembang, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai teladan, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pengawas, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, peran guru pendidikan agama islam sebagai motivator, peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing. Kedua, faktor pendukung peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter yaitu, program kegiatan keagamaan seperti, sholat dhuha, zhuhur, BTA dan tahfidz, peraturan tata tertib sekolah seperti, masuk sekolah dan menegrjakan tugas secara tertib, dan sikap guru dan siswa yang berkarakter teladan. Faktor penghambat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan pendidikan karakter yakni, sarana dan prasarana yang rendah, lingkungan kurang kondusif, latar belakang setiap individu, kurang perhatian orangtua terhadap anak karena kesibukan bekerja orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:21
Last Modified: 14 Feb 2019 08:21
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3183

Actions (login required)

View Item View Item