PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMA SANUDIN PANGKALAN BALAI

MINI ARDILLAH, NIM. 14210140 (2018) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X DI SMA SANUDIN PANGKALAN BALAI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MINI ARDILLAH (14210140).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI siswa kelas X di SMA Sanudin Pangkalan Balai”. Rumusan masalah dalam penelitian adalah Bagaimana minat belajar siswa di SMA Sanudin Pangkalan Balai? Bagaimana hasil belajar PAI di SMA Sanudin Pangkalan Balai? Apakah ada pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar PAI di SMA Sanudin Pangkalan Balai?. Tujuan penelitian ini mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PAI di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Serta untuk mengetahui tidak adanya pengaruh minat belajar dan hasil belajar PAI siswa kelas X di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data ada dua, yaitu data kuantitatif berupa alat pengukur data dari hasil angket dan observasi tentang minat belajar siswa dan hasil belajar PAI sedangkan data kualitatif berupa alat ukur yang berupa tentang hasil observasi dan dokumentasi di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa sedangkan data sekunder meliputi dokumentasi dari pihak sekolah serta buku/literature. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 102 siswa kelas X. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 20% yang artinya subjek dalam populasi itu melebihi seratus. Maka dipakai teknik penarikan sampel dengan 20% dari jumlah 102 populasi, maka sampel menjadi 20 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan meenggunakan rumus TRS, Persentase, dan selanjutnya menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yaitu pertama, hasil minat belajar siswa di SMA Sanudin Pangkalan Balai tergolong “sedang”. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan angket yang diberikan kepada 20 siswa, dengan kategori tinggi berjumlah 5 orang (25%), dan yang mendapat kategori sedang berjumlah 8 orang (40%), serta yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 7 siswa (35%). Kedua, hasil belajar PAI di SMA Sanudin Pangkalan Balai tergolong “rendah”. Hal ini dapat dilihat hasil belajar ulangan semester ganjil dari 20 siswa dengan kategori tinggi beerjumlah 8 siswa (40%), mendapatkan kategori sedang berjumlah 2 orang (10%), dan yang mendapatkan kategori rendah berjumlah 10 orang (50%). Ketiga,adanya pengaruh antara minat belajar siswa dengan hasil belajar PAI siswa kelas X di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Hali ini terbukti dari hasil perhitungan dengan menggunakan rumusKorelasi Product Moment. Diperoleh r hitung sebesar 0,812. Kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel dengan df =18taraf signifikasi 5% adalah 0,468 berarti r hitung lebih besar dari r tabel, sedangkan pada taraf signifikan 1% diperoleh r tabel = 0,590. Maka “r” tabel, hasil yang didapat adalah “r” hitung lebih besar baik pada taraf signifikan 1% (0,812<0,590).Dengan demikian dapat diketahui, (hipotesis nihil) Ho ditolak sedangkan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Dari perhitungan ini berarti menunjukkan korelasi yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar PAI. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa minat belajar memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar PAI siawa kelas X di SMA Sanudin Pangkalan Balai. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang minat belajar terhadap hasil belajar PAI mempunyai peranan penting dalam meningkatkan hasil belajardi SMA Sanudin Pangkalan Balai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:22
Last Modified: 14 Feb 2019 08:22
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3191

Actions (login required)

View Item View Item