PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUASIN

ZAQYA NUR RASTANTI, NIM. 14210262 (2018) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUASIN. Diploma thesis, UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ZAQYA NUR RASTANTI (14210262).pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Lingkungan Belajar di Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat lingkungan belajar di sekolah dan mengetahui tingkat hasil belajar pada mata pelajaran fiqih serta mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI madrasah aliyah negeri 1 banyuasin. Adapun beberapa rumusan masalahnya adalah, sebagai berikut: pertama, Bagaimana lingkungan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Kedua, Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Ketiga, Apakah ada pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin?. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 268 siswa dari jumlah populasi tersebut diambil sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 77 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik. Selanjutnya menggunakan rumus TSR dan menghitung presentase, kemudian menggunakan uji T pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah: pertama, Lingkungan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin termasuk dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 40,26% sebanyak 31 responden. Kedua, mengenai hasil belajar pada mata pelajaran fiqih, menunjukan hsail belajar siswa dalam kategori sedang yakni sebesar 59,74% sebanyak 46 responden. Ketiga, hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajr siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin, berdasarkan hasil analisis uji diperoleh thitung sebesar 7.241 dan ttabel sebesar 1.995, pada taraf signifikansi 5%. Sehingga Thitung lebih besar dari Ttabel (7,241>1,995), serta dari perhitungan SPSS diperoleh koefisien determinasi (RSquare) sebesar 41,1%, Maka diperoleh keputusan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuasin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Jun 2019 06:29
Last Modified: 14 Jun 2019 06:29
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3195

Actions (login required)

View Item View Item