PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MEDIA CAK ENGKLENG MODIFIKASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-MUNAWARIYAH PALEMBANG

ZAKIAH ARINANDA, NIM. 14270147 (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE SIMULASI DENGAN MEDIA CAK ENGKLENG MODIFIKASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II MI AL-MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
ZAKIAH ARINANDA (14270147).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh penerapan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II di Munawariyah Palembang. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui penerapan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi pada mata pelajaran matematika materi KALIBATAKU.Untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi.Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen pre-exsperimental design ( nondesigns) bentuk one- group pre-test post-test design, Dan skala likert sebagai panduan penyusunan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MI Munawariyah Palembang yang berjumlah 147 orang terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II B yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu clustur sampling.Untuk mendapatkan data, peneliti melakukan wawancara, observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus presentase hasil angket dan Uji “t”. Hasil penelitian menyatakan bahwa Minat belajar siswa setelah diterapkan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi mengalami presentase yang sangat tinggi, kurang lebih 94% - 99% menjawab sangat setuju dan setuju. Dengan demikian penerapan media tersebut berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum diterapkan metode simulasi dengan media cak engkleng modifkasi tergolong cukup/rendah. Bisa dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 24. Dengan demikian pembelajaran tersebut kurang efektif. Hasil belajar siswa sesudah diterapkan metode simulasi dengan media cak engkleng modifikasi tergolong tinggi. Dengan nilai rata-rata (mean) yakni 83,16. penerapan Media cak engkleng modifikasi efektif untuk diterapkan. Maka dapat dinyatakan terbukti ada pengaruh. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t jika atau 2,02 <5,94 > 2,70. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, secara meyakinkan dapat disimpulkan bahwa media cak engkleng modifikasi telah menunjukkan hasil yang signifikan, antara media cak engkleng modfikasi terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Metode Simulasi, Media Cak Engkleng Modifikasi, Minat belajar, Hasil Belajar, Uji “t”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:23
Last Modified: 14 Feb 2019 08:23
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item