PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG

Viara Risti, NIM. 14222188 (2018) PENGEMBANGAN ASESMEN IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII DI SMP ISLAM AZ-ZAHRAH 2 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Viara Risti (14222188).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan dan kelayakan asesmen IPA berbasis keterampilan proses sains pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII di SMP Az-Zahrah 2 Palembang. Asesmen yang dikembangkan berdasarkan indikator keterampilan proses sains dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan soal McInstire (2000). Validasi ahli dilakukan oleh 3 validator ahli yaitu ahli materi; ahli evaluasi dan ahli materi. Uji coba pertama dilakukan pada siswa kelas VII SMP Islam Az- Zahrah 2 Palembang sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara pengembangan asesmen IPA terdapat 10 langkah, yaitu mendefinisikan kompetensi; peserta tes dan tujuan tes; mengembangkan rencana uji; menulis item tes; menulis instruksi administrasi; melakukan uji coba; analisis item; revisi tes; validasi tes; mengembangkan norma dan melengkapi tes manual. Kelayakan asesmen IPA berbasis keterampilan proses sains berdasarkan validator ahli hasilnya berkualifikasi layak sampai dengan sangat layak serta berdasarkan hasil validitas empiris butir soal dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains. Kata Kunci: Asesmen, IPA, Keterampilan Proses Sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:24
Last Modified: 14 Feb 2019 08:24
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item