Muhammad Rozi, NIM. 13210183 (2018) PEMBINAAN PERILAKU KEAGAMAAN ANAK DI KELURAHAN SUKAJAYA KECAMATAN SUKARAMI PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MUHAMMAD ROZI (13210183).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dekadensi moral semakin marak terjadi. Perilaku manusia semakin jauh dari nilai-nilai agama. Seiring dengan itu jumlah anak-anak putus sekolah atau bahkan sama sekali tidak bisa mengenyam bangku sekolah juga semakin bertambah. Bila hal ini diabaikan tentu akan meningkatkan dekadensi moral karena umumnya anak-anak tersebut tumbuh di lingkungan yang tidak memberikan pembinaan dalam mengamalkan nilai-nilai agama. Maka penting menyediakan lingkungan yang kondusif bagi anak-anak tersebut, agar perilaku mereka terbina dengan baik dalam melaksanakan ajaran agama. Adapun tujuan penelitian ini Pertama, mendeskripsikan sejarah pembinaan perilaku keagamaan anak di Tempat Pembuangan Akhir Sukawinatan Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang Kedua, mendeskripsikan proses pembinaan perilaku keagamaan anak di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Ketiga, mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam membina perilaku keagamaan anak di Kelurahan Sukajaya Kecamatan Sukarami Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Sejarah awal mula pembinaan perilaku keagamaan anak di Kelurahan Sukajaya, berawal dari rasa prihatin dan minimnya aktivitas keagamaan anak yang disebabkan tidak adanya mushola atau masjid, sehingga muncul ide untuk membina anak-anak di Tempat Pembuangan Akhir Sukawinatan Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami Palembang. 2) Pembinaan perilaku keagamaan anak di Kelurahan Sukajaya melalui 3 kegiatan inti, diantaranya; Membina anak-anak membaca Al-Qur‟an, Membina anak-anak agar melaksanakan shalat, Membina anak-anak agar selalu mengucapkan salam dan berbakti pada orang tua. 3) Faktor penghambat dalam membina perilaku keagamaan anak yaitu, jarak yang cukup jauh untuk datang ke lokasi, sulitnya mengatur waktu bagi pengajar, tidak adanya kendaraan, tidak adanya mushola atau masjid dan tidak adanya ruang belajar. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu dukungan dari Ketua RT Setempat, kerjasama dan antusias yang baik dari masyarakat, semangat dan motivasi yang tinggi dari para pengajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | perpus perpus perpus |
Date Deposited: | 14 Feb 2019 08:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2019 08:24 |
URI: | http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3223 |
Actions (login required)
View Item |