PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI IKHLASIYAH PALEMBANG

SITI BAYYINAH, NIM. 14270120 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MI IKHLASIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SITI BAYYINAH (14270120).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru sangat bermanfaat terhadap hasil belajar mengajar. Untuk menciptakan proses belajar mengajar yang bisa menimbulkan komunikasi dua arah, serta dapat mencapai tujuan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang sesuai dengan waktu yang tersedia maka diarahkan dalam bentuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak hanya berpusat pada guru tetapi juga berpusat pada siswa. Salah satu model yang bisa digunakan adalah model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Model ini adalah model yang mampu melatih siswa untuk dapat mempresentasikan ide atau gagasan mereka pada teman-temannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini:Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang, Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ikhlasiyah Palembang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 orang kelas eksperimen yaitu terdiri dari 8 laki-laki dan 14 perempuan, dan 22 orang kelas kontrol yaitu terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji test “t”. Dari hasil penelitian yang dilakukan, selama enam kali pertemuan berturutturut pada tanggal 11-19 Mei 2018 terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil rata perolehan kelas kontrol yaitu 27,3% dan hasil rata-rata kelas eksperimen atau kelas yang menerapkan model student facilitator and explaining yaitu 77,3%. Pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di MI Ikhlasiyah Palembang dengan membangdingkan besarnya “t” yang kita peroleh dengan perhitungan (thitung =6,07) dan besarnya “t” tercantum dalam table. Karena tidak ada nilai di table maka penentuan dengan interpolasi, sehingga nilai ttable = 2,01). Karena thitung lebih besar dari pada ttable yaitu 6,07 > 2,01. Karena thitung lebih besar dari pada ttable maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di MI Ikhlasiyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:25
Last Modified: 14 Feb 2019 08:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item