PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG

SEPTIANANDA RAHMADIANI, NIM. 14210220 (2018) PENERAPAN PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SEPTIANANDA RAHMADIANI (14210220).pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini membahas tentang “Penerapan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Palembang”. Permainan ular tangga sebagai media pembelajaran merupakan permainan yang bertujuan untuk meningkakan motivasi belajar peserta didik agar terciptanya suasana yang kondusif serta peserta didik pun dapat lebih mudah menangkap apa yang disampaikan oleh guru dengan menggunakan permainan ini. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana motivasi belajar siswa sesudah penerapan permainan ular tangga siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 palembang? Bagaimana motivasi belajar siswa sebelum penerapan permainan ular tangga siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 palembang? Apakah ada perbedaan motivasi belajar siswa sesudah dan sebelum penerapan permainan ular tangga siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 palembang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar sesudah dan sebelum penerapan permainan ular tangga pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 13 palembang. Penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi yang dipilih dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP Negeri 13 Palembang yang berjumlah 374 siswa yang terdiri dari 11 rombel, dari jumlah populasi tersebut kelas VIII 2 dijadikan sebagai sampel yang berjumlah 34 siswa. Sumber data primer adalah yang diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari hasil tes, observasi dan dokumentasi sekolah yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Data diperoleh dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik uji t. Hasil penelitian, dapat disimpulkan: Pertama, Motivasi Belajar siswa setelah diterapkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran PAI tergolong tinggi, dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 87,64. Kedua, Motivasi Belajar siswa sebelum diterapkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran PAI tergolong rendah, dilihat dari perolehan nilai rata-rata (mean) yakni 77,14. Ketiga, Hipotesis Nihil yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil tes antara motivasi belajar sebelum dan setelah diterapkan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran PAI tidak diterima/ditolak dan Hipotesis Alternatif (H a ) diterima. Dengan nilai t hitung sebesar 23,28. Pada t tabel taraf signifikan 5% t tabel atau Tt = 0,244, sedangkan pada taraf 1 % = 0,317. Kata Kunci : Permainan ular tangga dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:25
Last Modified: 14 Feb 2019 08:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item