PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG

Rizky Amelia, NIM. 14210205 (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Rizky Amelia (14210205).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul: Pengaruh Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Palembang. Permasalahan penelitian ini adalah pada proses pembelajaran siswa cenderung lebih banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, tanpa ada memberikan pertanyaan ataupun tanggapan pada proses pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana motivasi belajar siswa VIII.5 (kelas ekperimen) pada pembelajaran PAI dengan diterapkannya strategi pembelajaran learning starts with a question di SMP Negeri 40 Palembang, Bagaimana motivasi belajar siswa VIII.4 (kelas kontrol) pada pembelajaran PAI dengan tidak diterapkannya strategi pembelajaran learning starts with a question di SMP Negeri 40 Palembang, Apakah ada pengaruh strategi pembelajaran learning starts with a question antara VIII.5 (kelas ekperimen) dan VIII.4 (kelas kontrol) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Palembang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran learning starts with a question antara kelas VIII.5 (kelas ekperimen) dan kelas VIII.4 (kelas kontrol) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menjadi populasi adalah 338 siswa. Sedangkan sampel penelitian adalah kelas VIII.5 (30 orang) dan kelas VIII.4 (30 orang). Jenis data yang digunakan yaitu jenis data kualitatif diperoleh dari gambar dokumentasi dan jenis data kuantitatif diperoleh dari data jumlah guru,siswa dan sarana dan prasana di SMP Negeri 40 Palembang. Sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, guru dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen, buku-buku dan literatur lain berkaitan dengan penelitian. Pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik uji t (tes T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, skor angket Motivasi Belajar VIII.5 (kelas eksperimen) dengan nilai rata-rata (mean) 4,45. Jadi dapat dikatakan bahwa hasil diperoleh kategori tinggi. Kedua, skor angket motivasi belajar VIII.4 (kelas kontrol) dengan nilai rata-rata (mean) 3,78. Jadi dapat dikatakan bahwa hasil diperoleh kategori rendah. Ketiga, terdapat pengaruh strategi pembelajaran learning starts with a question antara kelas VIII.5 (kelas eksperimen) dan VIII.4 (kelas kontrol) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI yang meningkat. Karena setelah mendapatkan hasil t 0 (5,275) sedangkan t t = 2,00 dan 2,65. Maka t 0 adalah lebih besar dari pada t t , baik taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1% dengan rincian:2,00<5,275>2,65. Jadi dapat dikatakan bahwa hipotesis penelitian ini H a diterima dan H 0 ditolak. Maka dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar kelas VIII.5 (kelas eksperimen) tergolong tinggi dan Motivasi belajar kelas VIII.4 (kelas kontrol) tegolong rendah dan dikatakan bahwa pengaruh strategi pembelajaran learning starts with a question ini lebih meningkat terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 40 Palembang dari pada menggunakan strategi pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:25
Last Modified: 14 Feb 2019 08:25
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3239

Actions (login required)

View Item View Item