PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG

Anita Ria Sapari, NIM. 14210028 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Anita Ria Sapari (14210028).pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://perpustakaan.ac.id

Abstract

Pemahaman merupakan tingkat kemampuan yang mengharapkan siswa mampu untuk mengerti/memahami tentang arti konsep yang diketahuinya. Dalam proses pembelajaran, siswa tidak hanya dituntut untuk menghafal saja, tetapi siswa harus memahamahi setelah pelajaran tersebut dipelajari. Pemahaman (comprehensioan) kemampuan seseorang untuk mengerti dan memahami setelah sesuatu itu diketahui dan diingat, lebih baik lagi apabila siswa dapat memberikan contoh atau mensirnergikan apa yang dia pelajari dengan permasalahan- permasalahan yang ada disekitarnya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran concept attainment pada materi Haji dan Umrah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, bagaimana pemahaman siswa sesudah diterapkannya model pembelajaran concept attainment pada materi Haji dan Umrah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran concept attainment pada materi Haji dan Umrah siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan suatu penelitin yang benar-benar dilakukan. Pre eksperimental designs bentuk one-group pretest-postes designs .Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X di MA Al-Fatah Palembang sebanyak 103 siswa dan populasi tersebut diambil 20% yaitu 25 siswa sebagai sampel. Pemahaman belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Concept Attainment (Pencapaian Konsep) mengalami peningkatan mencapai 12%, hal ini dapat dilihat dari persentase hasil pemahaman belajar siswa pada saat pre test yaitu tergolong katagori nilai tinggi 6 orang siswa (24%), nilai sedang 16 orang siswa (64%), dan nilai rendah 3 orang siswa (12%) sedangkan post test tergolong katagori nilai tinggi mengalami penurunan sebanyak 3 orang siswa (12), nilai sedang mengalami peningkatan sebayak 19 orang siswa (76%), dan nilai terendah 3 orang siswa (12%). Uji Hepotesis dengan menggunakan rumus uji “t” dapat disimpulkan besarnya t yang diperoleh dalam perhitungan sebesar t 0 = 9,88 dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel t t . ts 5 % = 2.06 dan t t.ts 1 % = 2,80 maka dapat kita ketahui bahwa t o adalah lebih besar pada t t yaitu: 2,06<9,88>2,80. Dengan demikian dari uji Hepotesis peneliti di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat pebedaan tingkat pemahaman siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran concept attainment (pencapaian konsep) pada mata pelajaran Fiqih siswa kelas X materi Haji dan Umrah di Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang, akan tetapi belum maksimal dan Hepotesis Ha yang diajukan oleh peneliti ini diterima, sedangkan hepotesis Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:27
Last Modified: 14 Feb 2019 08:27
URI: http://eprints.radenfatah.ac.id/id/eprint/3288

Actions (login required)

View Item View Item